Dilantik Jadi PM Inggris, Ini Pekerjaan Rumah Boris Johnson

RMOLBanten. Perdana menteri baru Inggris Boris Johnson resmi dilantik setelah Theresa May mundur dari kursi jabatan tersebut pada hari ini (Rabu, 24/7).

Boris dilantik oleh Ratu Elizabeth II dalam pertemuan resmi di Istana Buckingham, sehari setelah memenangkan kepemimpinan partai konservatif.

Johnson mengambil alih kekuasaan dari tangan May dengan membawa janji untuk menarik negaranya keluar dari Uni Eropa pada 31 Oktober, sesuai batas waktu Brexit, dengan segala cara yang diperlukan.

Eks Walikota London itu sendiri merupakan tokoh kampanye Brexit tahun 2016 lalu.

Meski menghadapi sejumlah pekerjaan rumah yang menantang, Johnson berjanji untuk melakukan Brexit dalam waktu tiga bulan ke depan.

Dalam kampanyenya, Johnson berjanji untuk menegosiasikan kembali perjanjian Brexit dengan para pemimpin Uni Eropa atau meninggalkan blok itu pada tenggat waktu 31 Oktober tanpa kesepakatan.

Sebelumnya, perjanjian penarikan atau Brexit telah ditolak tiga kali oleh parlemen Inggris.

Hal itulah yang mendorong May mengumumkan pengunduran dirinya pada bulan Mei di tengah kebuntuan politik.

"Kami akan melakukan kesepakatan baru, kesepakatan yang lebih baik, yang akan memaksimalkan peluang Brexit sambil memungkinkan kami mengembangkan kemitraan baru dan menarik dengan seluruh Eropa berdasarkan pada perdagangan bebas dan dukungan timbal balik," kata Johnson.

"Orang-orang yang bertaruh melawan Inggris akan kehilangan baju mereka, karena kami akan mengembalikan kepercayaan pada demokrasi kami, dan kami akan memenuhi janji-janji parlemen yang diulangi kepada rakyat dan keluar dari Uni Eropa pada 31 Oktober," tambahnya dalam pidato di luar 10 Downing Street, kediaman resmi Perdana Menteri Inggris, seperti dimuat Al Jazeera. [dzk]

from RMOLBanten.com https://ift.tt/2OhPtCO
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dilantik Jadi PM Inggris, Ini Pekerjaan Rumah Boris Johnson"

Posting Komentar