Pemkot Serang Dapat Hibah Mobil Ambulan Dan Damkar Dari Korsel

RMOLBanten. Pemerintah Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan menghibah empat ambulan dan dua mobil pemadam kebakaran untuk pendukung penanganan kebakaran kepada Pemkot Serang.

Bantuan hibah ini diberikan melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kamis, (26/9) di ruang kerja Walikota Serang.

Kasubsdit Sarpras dan Informasi Kebakaran Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kemendagri Evan Nursetyahadi menuturkan, pemberian hibah ini merupakan pembinaan terhadap damkar di Indonesia.

"Kita disini mengkoordinir supaya bantuan bisa sampai ke pemerintah daerah melalui prosedur. Salah satunya adalah mengajukan permohonan melalui kita (Kemendagri)," ucapnya.

Kota Serang, lanjut Evan dipilih karena masuk salah satu daerah yang damkarnya kondisinya sangat terbatas dari beberapa daerah yang ada di sekitar Ibu Kota.

"Kalau Bogor, Depok tidak dikunjungi karena kita anggap mereka sudah cukup relatif lebih baik kondisi damkar," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Penyedia peralatan dan Operasi Dinas Kebakaran Provinsi Gyeonggi Korea Selatan, Park Song Ju menuturkan bantuan hibah mobil damkar ini baru pertama kali dilakukan oleh pemerintah Korsel ke beberapa daerah di Indonesia.

"Sumbawa, Kota Serang, Tasikmalaya dan Kabupaten Somasir menjadi 4 daerah yang mendapat hibah berupa dua mobil pemadam kebakaran dan juga 4 mobil ambulans," tuturnya.

Alasan dipilihnya Kota Serang, karena mendengar katanya untuk Kota Serang sarana dan prasarana untuk pemadam kebakaran masih kurang layak. Dirinya pun tak hanya memberikan bantuan mobil tapi juga akan memberikan pelatihan.

"Nanti kita beri pelatihan bagaimana cara menggunakan mobil itu. Kita juga berharap akan ada kerjasama lebih lanjut dengan pemerintah Indonesia terutama Pemkot Serang salah satunya ada pertukaran dengan dinas pemadam kebakaran," tukasnya.

Sementara itu, Walikota Serang menyambut baik hibah dari pemerintah Korea Selatan. Semoga dengan adanya kerja sama ini Damkar Kota Serang bisa jadi lebih baik lagi.

"Sebelumnya juga kita udah memberikan surat kepada Kemendagri untuk meminta bantuan ini. Harapannya Damkar kota Serang akan lebih baik lagi," pungkasnya. [ars]



from RMOLBanten.com https://ift.tt/2mSk0JW
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemkot Serang Dapat Hibah Mobil Ambulan Dan Damkar Dari Korsel"

Posting Komentar