Bagikan Masker Ke Pasien, RSU Tangsel Antisipasi Wabah Virus Corona

RMOLBANTEN. Wabah virus corona menjadi perhatian serius negara internasional, tak terkecuali Indonesia. Wabah yang pertama kali muncul di kota Wuhan, China penyebarannya sudah mulai lintas negara.

Virus corona mempunyai waktu inkubasi yang relatif lama sehingga peluang lolos masuk Indonesia menjadi terbuka. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) beberapa waktu lalu telah mengeluarkan status siaga satu.

Untuk kesiapsiagaan, Rumah Sakit Umum (RSU) Tangsel telah membagikan masker kepada pasien sebagai antisipasi penyebaran wabah virus corona.

Perawat dan dokter yang bertugas berkeliling memakai masker dan turut membagikan masker kepada pasien yang berada diruang Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Kepala Seksi Pelayanan Medis, Ronald Adrianto Sitindaon, mengatakan, jika pembagian masker ini untuk mengantisipasi penularan nCov (Novel Corona Virus) dari pasien ke dokter.

"Untuk pemberian masker ini karena diduga masih suspect kita memang mengantisipasi penularan nCov (Novel Corona Virus) dari pasien dan dokter yang menaganinya," ujar Ronald di RSU Tangsel, Selasa (28/1).

Dari pantauannya, saat ini belum ada pasien yang diduga suspect terjangkit virus nCov. Dan, berharap di Tangsel aman dari virus nCov.

"Sampai saat ini tidak ada, dan jangan sampai, semoga," imbuhnya.

Meski saat ini belum ada pasien yang diduga terjangkit nCov, RSU Tangsel akan tetap waspada dan menyiapkan protap untuk menangani pasien yang diduga terjangkit virus nCov.

"Kita sudah melakukan tindakan-tindakan yang pertama terkait pasien sendiri kita sudah memilik alur dalam arti pasien itu diduga nCov dengan ciri demam batuk dan sesak, kita akan melakukan protap terkait periksa nCov ini," jelas Ronald.

Namun demikian, pihaknya belum bisa menyediakan ruang isolasi jika ada pasien yang diduga terserang nCov. Dan, akan merujuk ke rumah sakit infeksi salah satunya RSIP Sulianti Saroso.

"Tidak ada ruang isolasi, jadi kita akan merujuk ke RS infeksi," tutupnya. [dzk]



from RMOLBanten.com https://ift.tt/36sqxw8
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagikan Masker Ke Pasien, RSU Tangsel Antisipasi Wabah Virus Corona"

Posting Komentar