Grab Luncurkan Taksi Daring Listrik Pertama di Indonesia, Tarifnya Lebih Mahal

RMOLBANTEN. Tahun ini, Grab bekerjasama dengan Hyundai akan mengoperasikan 500 taksi daring listrik pertama di Indonesia. Namun, taksi tersebut akan memiliki tarif yang lebih mahal dibandingkan taksi daring yang menggunakan bahan bakar konvensional.

"Kami melihatnya, kendaraan listrik itu akan sangat mungkin beroperasi massal di Indonesia. Sebab, bukan berdampak bagi ttansportasinya saja, melainkan juga berdampak besar dan panjang bagi lingkungan," tutur Presiden Direktur Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, saat pelucuran Grabcar Electrik powered by Hyundai, di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Senin (27/1).

Layanan taksi listrik tersebut akan mulai dilaksanakan pada hari ini yang baru akan beroperasi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke tujuan Jabodetabek. Namun, untuk menjadi pilot project Grab dan Hyundai baru menerjunkan 20 unit.

"Kita targetkan sampai akhir tahun ini, sekitar ada 500 unit yang dioperasikan. Sementara tahap awal, sudah beroperasi sebanyak 20 unit Grabcar Elektrik," kata Ridzki.

Namun, jadi atau tidaknya ratusan kendaraan listrik tersebut beroperasi di Indonesia, tergantung pada kebijakan pemerintah. Sebab saat ini, Grab tengah berdiskusi dengan pemerintah untuk pembentukan ekosistem atau roadmap ekosistem kendaraan listrik.

"Karena masih banyak yang harus disiapkan bilamana ratusan taksi bertenaga listrik tersebut jadi beroperasi, seperti banyaknya sebaran tempat chargingnya, dalam hal ini oleh PLN. Lalu regulasinya, intensifnya, lalu bagaimana kedepan jenis mobilnya," ujar Ridzki.

Bukan hanya taksi daring, kedepan bukan hal tidak mungkin Grab juga bakal mengoperasikan motor listrik secara massal. Namun tentu akan ada perbedaan tarif perkilometer yang berbeda, antara tarif kendaraan berbahan bakar konvensional dengan listrik.

Sementara itu, Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini yang juga menghadiri peluncuran produk baru tersebut mengaku, pihaknya akan menambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di berbagai tempat yang mudah dijangkau. [ars]

from RMOLBanten.com https://ift.tt/2RWj6rI
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Grab Luncurkan Taksi Daring Listrik Pertama di Indonesia, Tarifnya Lebih Mahal"

Posting Komentar