Virus Corona Bisa Menular Lewat Mata, Jokowi Harus Stop Turis China Sementara

RMOLBANTEN. Virus Corona benar-benar harus diwaspadai keberadaanya. Pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo dan jajarannya tidak bisa lagi anggap penyakit ini biasa dan terjadi di negeri jauh, China.

Indonesia diminta untuk melarang dulu turis dari China masuk Indonesia, sampai kondisi dinyatakan aman.

Terbaru para ilmuwan di China memperingatkan penyebaran virus 2019-nCov yang merupakan jenis baru dari coronadapat menyebar melalui mata.

Dilaporkan, dalam tiga minggu terakhir, virus yang muncul pertama kali di Wuhan, China ini telah membunuh puluhan orang dan menginfeksi lebih dari 900 orang di berbagai negara.

Bahkan Seorang dokter di China, Wang Guangfa, dilaporkan telah positif terinfeksi virus tersebut. Dia khawatir tertular penyakit itu karena dia tidak memakai kacamata pelindung. Menurutnya sangat mungkin bagi virus 2019-nCoV masuk ke mata dengan menyentuhnya jika ada di tangan pasien.

Sulit untuk mencapai kesimpulan awal tentang seberapa cepat virus ini akan menyebar dan seberapa rentan orang terhadap infeksi karena para ahli tidak memiliki semua informasi yang mereka butuhkan.

"Sebelum saya kembali ke Beijing, ketika mengunjungi beberapa klinik demam, saya menyadari situasinya telah memburuk,” katanya, seperti dikutip South China Morning Post.

Wang mengatakan dia telah berusaha mencari tahu bagaimana dia terinfeksi setelah mengunjungi klinik demam dan bangsal isolasi sementara di Wuhan.

"Saat itu kami sangat waspada dan mengenakan masker N95,” katanya. Tapi kemudian saya tiba-tiba menyadari bahwa kami tidak memakai kacamata pelindung,” ujarnya.

Setelah dia kembali ke Beijing, mata kirinya terserang konjungtivitis dan dua hingga tiga jam kemudian dia mulai terserang demam dan radang selaput lendir hidung.

Wang akhirnya mengikuti tes 2019-nCoV dan hasilnya positif terinfeksi. Wang mengatakan penjelasan yang paling mungkin adalah bahwa virus telah memasuki tubuhnya melalui matanya.

Di Indonesia, politisi partai Demokrat Jansen Sitindoan dalm akun Twitter pribadinya @jansen_jsp menyampaikan, ketimbang kita coba-coba, lebih baik turis dari China dilarang saja dulu sementara.

"Inkubasi virus bisa berhari-hari baru kelihatan, apa tdk lebih baik dilarang saja dulu semua masuk ya. Bukan hanya ke Sumbar saja tapi keseluruh wilayah Indonesia. Xi Jinping saja barusan mengatakan "situasi China saat ini dlm keadaan serius," ujar Jansen.

Bukan tanpa alasan kata Jansen, sebagai pembanding negeri tetangga Malasyia, yang mengumumkan kasus keempat Virus Corona.

"Virus ini teridentifikasi pada anggota kelompok wisatawan dari China," katanya.

Ditekankan lagi, virus Corona bisa menularnya lewat mata. Jadi pakai maskerpun kita termasuk para petugas medis periksa wisatawan dari China jadi tidak ada gunanya.

"Jika tetap wisatawan itu boleh masuk baiknya petugas Imigrasi kita diberi pelindung mata," terang Ketua DPP Partai Demokrat ini.

Berita terbaru, kata Jansen di Shanghai juga sudah ada yg meninggal akibat virus Corona. Jadi bukan dari Wuhan saja. China sendiri sudah mengisolasi warganya yang di Wuhan untuk tidak keluar. Apalagi negara-negara lainnya termasuk Indonesia harunya mengeluarkan larangan dulu sementara.

"Harusnya wisatawan dari kota lain di China juga sementara dilarang masuk. Jadi beralasan Xi Jinping mengatakan China saat ini dlm keadaan serius," katanya.
[dzk]


from RMOLBanten.com https://ift.tt/2sXxDLo
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Virus Corona Bisa Menular Lewat Mata, Jokowi Harus Stop Turis China Sementara"

Posting Komentar