42 Tim Relawan Jemput Ratusan WNI di Wuhan

RMOLBANTEN. Sebanyak 42 relawan menjemput warga negara Indonesia (WNI) yang masih berada di Wuhan, China. Puluhan relawan tersebut dilepas oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada Sabtu (1/2).

Usai dipakaikan baret bergambar bendera Indonesia di lengan oleh para Menteri dan Panglima TNI, 42 tim tersebut akan terbang menggunakan pesawat Batik Air jenis Airbus 330.

"Hari ini kami melepas tim penjemputan saudara kita yang ada di RRT (Republik Rakyat Tiongkok), dimana terdapat 42 tim yang akan diberangkatkan terdiri dari unsur Kementerian Luar Negeri, unsur Kementerian Kesehatan, unsur TNI, dan unsur kru maskapai," ujar Retno.

Retno menjelaskan, terdapat 245 WNI yang terdata ada di Provinsi Hubei, China dan ditambah dengan petugas perwakilan Indonesia yang telah tiba lebih dahulu untuk melakukan penjemputan WNI untuk berkumpul di Wuhan.

Nantinya, ratusan WNI tersebut akan diminta berkumpul di titik-titik penjemputan untuk selanjutnya berangkat menggunakan transportasi darat ke Bandara di Wuhan.
"Wakil negara yang ada di beberapa titik di Hubei sudah mulai bergerak menuju Wuhan, seperti Kota Enshi, Jingzhou, Huang Shi, Xianning, dan Wuhan itu sendiri," jelas Retno.

Retno meminta para tim relawan untuk terus menjaga kesehatan tubuh masing-masing dan menjalankan protokol keamanan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

"Mengingat situasi ini bukan situasi normal, maka kedisiplinan ini diperlukan termasuk selama perjalanan, ketibaan dan pasca ketibaan protokol kesehatan juga berlaku ketat bagi seluruh kru pesawat dan bagi pesawat itu sendiri setelah ketibaan," tandasnya. [ars]

from RMOLBanten.com https://ift.tt/2UeTCZB
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "42 Tim Relawan Jemput Ratusan WNI di Wuhan"

Posting Komentar