Empat Penyakit Bawaan Yang Paling Rentan Terinfeksi Covid-19

RMOLBANTEN. Virus corona baru atau Covid-19 ternyata lebih menyasar kepada orang-orang yang memiliki penyakit bawaan atau penyakit penyerta.

Data kajian Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional, ada 4 jenis penyakit penyerta yang paling rentan terinfeksi corona.

"Kasusnya yang positif ini kebanyakan adalah orang-orang yang memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes melitus, penyakit jantung dan penyakit paru obstruktif kronis atau PPOK," ujar Ketua Tim Pakar Gugas Nasional Covid-19, Wiku Adisasmito, di Gedung Graha BNPB, Matraman, Jakarta Timur, Sabtu (9/5).

Wiku Adisasmito dalam kesempatan itu menunjukan sebuah slide presentation tentang kurva-kurva penyakit penyerta yang ada di kasus positif saat ini.

Kurva itu disebutkan, hipertensi adalah penyakit yang banyak diidap pasien Covid-19, persentasinya mencapai 51,9 persen.

Diurutan kedua ada diabetes melitus sebanyak 33,9 persen.

Penyakit jantung sebanyak 20,8 persen, PPOK 17,3 persen, gangguan napas lain 8,6 persen, ginjal 5,5 persen, asma 3,1 persen, kanker 2,4 persen, TBC 1,5 persen, gangguan imun 1,3 persen, dan penyakit hati 1,3 persen.

Wiku Adisasmito meminta masyarakat yang memiliki penyakit penyerta itu untuk berhati-hati. Dia berharap masyarakat bisa taat aturan dan juga menjaga asupan gizi dan makanan yang cukup.

"Jadi untuk saudara-saudara sekalian, urutan masyarakat yang memiliki penyakit penyerta seperti hipertensi, diabetes, kemudian penyakit jantung, dan PPOK itu harus betul-betul berhati-hati untuk tidak terkena dengan penyakit covid," ucap Wiku Adisasmito.

"Dan anggota masyarakat lainnya juga harus melindungi orang-orang yang memiliki penyakit penyerta ini," demikian Wiku Adisismito. [dzk]



from RMOLBanten.com https://ift.tt/2SPPxt9
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Empat Penyakit Bawaan Yang Paling Rentan Terinfeksi Covid-19"

Posting Komentar