Bendungan Pasir Kopo Segera di Bangun di Lebak

LEBAK – Dalam rangka meningkatkan kapasitas tampung sumber daya air di Kabupaten Lebak, yang dapat dimanfaatkan untuk mengairi irigasi, suplai air baku, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), dan pengendalian banjir, Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR RI) akan membangun Bendungan Pasir Kopo, Lebak Banten melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Untuk itu Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya bersama Kementrian PUPR RI dan seluruh stakeholder terkait melakukan rapat Konsultasi Publik dan Real Demand Survey Proyek KPBU Bendungan Pasir Kopo Lebak, Banten sebagai kajian awal Prastudi Kelayakan (OBC) yang dilaksanakan di Swiss Belin Hotel Cikande Modern Serang Banten, Kamis (16/7/2020) lalu.

Dihadapan para peserta rapat, Bupati menjelaskan topologi dan aspek hidrologi Kabupaten Lebak dimana menurut Bupati, Lebak mempunyai Luas Wilayah 304.472 Ha (3.044,72 Km²) hang terdiri dari 28 Kecamatan dengan 340 desa dan 5 kelurahan serta 4 wilayah sungai, 463 daerah irigasi dengan total area yang diairi 48.469 Ha.

“Pemerintah kabupaten lebak pada prinsipnya mendukung pembangunan Bendungan Pasir Kopo dan mengajak seluruh masyarakat agar turut serta mensukseskan proyek skema KPBU ini,” kata Bupati melalui siaran tertulis.

Iti juga mengajak para investor untuk tidak ragu berinvestasi di Kabupaten Lebak khususnya terkait pembangunan proyek bendungan ini.

“Sekali lagi kami siap all out dalam mendukung pembangunan bendungan ini dan kami mengajak para investor untuk tidak ragu berinvestasi dalam pembangunan bendungan ini,” tegas Iti.

Sementara itu Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Sumber Daya Air Kementrian PUPR, Arvi Argyantoro dalam sambutannya menjelaskan tujuan kegiatan Konsultasi publik dan Real Demand Survey ini Selain memperoleh masukan, tanggapan, serta dukungan dari masyarakat dan para pemangku kepentingan terkait proyek KPBU Bendungan Pasir Kopo, juga memastikan kebutuhan penggunaan air irigasi, air baku, listrik, dan pengendalian banjir dengan objek para stakeholder penerima manfaat.

(Red)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bendungan Pasir Kopo Segera di Bangun di Lebak"

Posting Komentar