Karantina Perketat Pengawasan Pelabuhan BBJ Bojonegara

CILEGON – Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian Cilegon memperketat pengawasan lalulintas komoditas pertanian baik hewan dan tumbuhan serta produknya di Pelabuhan Bojonegara, Kabupaten Serang.

Pelabuhan BBJ merupakan salah satu wilayah kerja (Wilker) dari Karantina Pertanian Cilegon. Pelabuhan yang dikelola PT Bandar Bakau Jaya itu menjadi alternatif bagi kendaraan truk selain Pelabuhan Merak – Bakauheni.

“PT BBJ memiliki empat kapal yang melayani dalam 24 jam pelayaran dari Bojonegara menuju Bakauheni dan memberikan dukungan terhadap Karantina Pertanian dengan memberikan fasilitas berupa gedung kantor untuk pelayanan karantina,” ujar Arum Kusnila Dewi, Kepala Karantina Pertanian Cilegon saat melakukan monitoring wilker BBJ melalui siaran tertulis.

Arum menugaskan pejabat karantina, baik pejabat fungsional dari seksi karantina hewan maupun karantina tumbuhan untuk menjalankan layanan perkarantinaan sesuai tugas dan fungsinya yang diamanatkan dalam Undang-undang nomor 21 tahun 2019.

Dalam upaya pencegahan masuk dan keluar serta tersebarnya Hama dan Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Penggangu Tumbuhan Karantina (OPTK) di dalam negeri serta keamanan mutu pangan dan pakan.

“Sedangkan komoditas pertanian wajib lapor karantina yang sering ditemukan di antaranya telur ayam konsumsi, biji jagung, kelapa bulat dan buah pisang,” tambah Arum.

Arum pun mengajak Karantina Pertanian Bandar Lampung untuk bersama – sama memperketat pengawasan Pelabuhan BBJ Bojonegara – Pelabuhan BBJ Bakauheni.

(Man/Red)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Karantina Perketat Pengawasan Pelabuhan BBJ Bojonegara"

Posting Komentar