Saraswati: Tangsel Kaya Dengan Potensi Agraris Untuk Ketahanan Pangan

RMOLBANTEN Potensi agraris sebagai peluang ketahanan pangan lokal dimiliki Kota Tangerang Selatan. Di tahun 2015 tercatat sawah dan ladang atau area agraris di Tangsel ini mencapai 2.794,41 ha atau 18 persen dari total luas lahan wilayah.

Demikian catatan ringan Wakil Walikota Tangerang Selatan, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo dikutip dari fanpage pribadinya, Senin (27/9).

"Strategi pemanfaatan lahan yang tepat di daerah Tangsel potensial untuk dijadikan lahan bercocok tanam. Warga Tangsel bisa diedukasi untuk menanam tanaman yang bisa berkontribusi bagi bahan makanan," terang Saraswati biasa ia disapa.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini menjelaskan beragam teknik bisa dilakukan untuk membantu pencapaian itu. Mulai dari teknik bercocok tanam berbentuk vertikal (verticultur), tanaman kantong (polly bag system), konsep hidroponik, hingga teknik aquaponik.

"Ini merupakan beragam cara alternatif menanam tanaman yang bisa menjadi sumber pangan bagi masyarakat luas," jelasnya.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini melanjutkan, masyarakat bisa diedukasi untuk lebih mengenal potensi agraria di sekitarnya secara lebih maksimal.

Kawasan Tangsel dibeberkan Saraswati, menyimpan potensi besar. Semisal beragam pohon yang banyak tumbuh liar seperti pohon jambu, mangga, pepaya, dan sejenisnya bisa dimanfaatkan. Buahnya dipanen saat musim tiba, sementara daunnya bisa dipanen sewaktu-waktu sebagai sumber alternatif pangan.

"Juga pohon non buah yang daunnya bisa dikonsumsi, seperti kelor, pegagan, kenikir, dan beragam tanaman yang kerap tumbuh liar di beragam daerah," terang Saraswati.

Kata Saraswati, bila masyarakat Tangsel memahami ini, tidak hanya alternatif pangan yang bisa didapatkan,tapi juga faktor pemicu kesehatan terdepan yang disajikan. Sayuran, terutama dalam bentuk segar, adalah katalis kesehatan yang sangat cocok bagi manusia. Ketersediaan enzim, mineral, vitamin, dan serat yang melimpah dan bisa didapatkan dengan biaya cuma-cuma atau sangat murah.

"Semua ini adalah peluang sangat potensial untuk membangun ketahanan pangan yang menyehatkan bagi warga Tangerang Selatan," demikian Saraswati. [ars]



from RMOLBanten.com https://ift.tt/335229U
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Saraswati: Tangsel Kaya Dengan Potensi Agraris Untuk Ketahanan Pangan"

Posting Komentar