Lalu Lintas Pengiriman Anjing Melalui Pelabuhan Merak Capai Belasan Ribu

CILEGON – Badan Karantina Pertanian Cilegon dalam memperingati hari rabies sedunia tahun 2020 dengan melaksanakan kegiatan vaksinasi rabies serta pemberian vitamin di Kabupaten Garut bersama Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut, Jawa Barat selama 2 hari.

Kepala Karantina Cilegon, Arum Kusnila Dewi mengatakan kegiatan ini diagendakan tiap tahun sebagai salah satu tindakan pengawasan dan pemantauan lalu lintas Hewan Penular Rabies (HPR) di daerah asal untuk mencegah penyakit rabies.

Serta upaya sosialisasi dan mengajak masyarakat agar berperan aktif dalam mencegah rabies dan mewujudkan Indonesia bebas rabies tahun 2030.

“Vaksinasi yang disiapkan 200 dosis vaksin inaktif dan tidak kalah penting kontrol pemeliharaan dan kesehatan. Melalui vaksinasi yang mengandung virus inaktif mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan menghentikan kejadian rabies,” ujar Arum melalui siaran tertulis, Minggu (4/10/2020).

Sementara itu Rifky Danial, Kasie Karantina Hewan Badan Karantina Pertanian Cilegon memaparkan berdasarkan data IQFAST jumlah lalu lintas HPR terutama anjing yang dialulintaskan dari Jawa ke Sumatera Barat melalui Pelabuhan Merak yang dikarantina Badan Karantina Pertanian Cilegon sangat tinggi.

Tahun 2019 tercatat lalulintas anjing ke Sumatera Barat sejumlah 24.658 ekor, sementara sampai Agustus tahun ini telah mencapai 16.767 ekor.

“Setiap tahunnya lalulintas anjing dari Jawa ke Sumatera Barat sangat tinggi. Mayoritas berasal dari 3 daerah yakni Sumedang, Garut dan Brebes. Tahun 2020 ini dari Sumedang 14.817 ekor, dari Brebes sebanyak 974 ekor dan Garut menyumbang 972 ekor,” ujar Rifky.

Rifky menyebutkan perlunya tindakan Karantina terhadap HPR seperti kelengkapan persyaratan dokumen seperti Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari daerah asal dan riwayat vaksinasi serta pengawasan dan pemantauan titer antibodi terhadap rabies melalui uji laboratorium Elisa rabies.

“Lima daerah pengirim anjing terbesar wajib menjadi tempat pemeriksaan karantina terkait pengawasan dan pengendalian rabies besama dinas setempat,” tambah Rifky.

(Red)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lalu Lintas Pengiriman Anjing Melalui Pelabuhan Merak Capai Belasan Ribu"

Posting Komentar