Membaca Novel Meningkatkan Minat Baca

Oleh: Sitti Maesaroh Mahasiswi Sastra Indonesia, Universitas Pamulang

Membaca mungkin menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan bagi beberapa segelintir orang.tidak semua orang menggemar membaca, Beberapa orang lebih memilih kegiatan lain seperti bermain game ,atau menonton film drama dibandingkan dengan membaca. Padahal membaca dapat mendapatkan pengetahuan baru, dan menambahkan ilmu pula,dan juga menambah wawasan agar menjadi luas lagi. Ingat apa kata pepatah “MEMBACA ADALAH JENDELA DUNIA”.

Memang tidak semua orang menggemar membaca. Minat baca di mulai diri sendiri misalnya seperti membaca di waktu senggang atau membiasakan diri sebelum tidur untuk membaca selembar atau dua lembar novel. Dan mencoba melakukan kegiatan ini terus menerus dan kamu harus mempunyai target bacaan dalam waktu seminggu sudah membaca beberapa novel . Tidak melulu membaca novel. Kalian bisa membaca artikel , majalah , cerpen , koran , bahkan kalian bisa membaca karya ilmiah. Dengan begitu ini bisa saja untuk memumbuhkan mint abaca pada diri sendiri.

Di saat kalian sudah mulai untuk menikmati membaca. Dan kamu bingung mau membaca novel yang kanya gimana lagi.kamu bisa saja browsing novel di media online , teman , atau dari kominatas baca . dengan begitu pasti kamu akan banyak mendapatkan bacaan novel yang kamu inginkan . dan kamu pasti akan senang membacanya tanpa paksaan.
Ini beberapa tips untuk meningkatkan minat baca :

A. Memilih bacaan yang paling di minati atau digemari

Memilih bacaan jangan yang langsung berat dulu. Kamu bisa memilih bacaan yang paling kamu sukai atau yang kamu gemari seperti membaca novel yang bergenre percintaan remaja,horor dan komik.dengan memulai bacaan yang kamu gemari pasti akan menibulkan minat baca untuk diri sendiri.

B. Mengisi waktu luang

Di massa pandemi ini banyak waktu senggang. Kamu bisa memanfaatkan waktu yang kosong itu dengan membaca minimal 10 menit atau beberapa lembar novel. Dan kamu juga bisa menyesuaikan diri untuk membaca sedikit sebelum tidur .

C. Bergabung dengan komunitas

Kamu bisa saja bergabung dengan komunitas baca agar kamu mempunyai daftar bacaan yang banyak . dengan bergabung dengan komunitas kamu bisa saja bertukar pikiran atau bertukar daftar bacaan novel yang kamu akan rekomendasikan untuk kawan kawanmu. Dan keuntungan yang kamu miliki dengan bergabung komunitas kamu bisa menambahkan pertemanan.

Di zaman yang udah semakin maju ini kamu bisa mendapatkan bacaan di media sosial . komunitas baca banyak aplikasi tentang buku buku yang kamu bisa minati secara gratis. Salah satunya aplikasi dunia orange yang banyak di grandungi kalangan remaja di aplikasi orange tersebut kamu bisa menemukan genre cerita seperti genre fiksi remaja , horor , fiksi penggemar dan masih banyak lagi . mungkin dengan masuk komunitas ini kamu bisa meningkatkan lagi minat bacanya.

D. Memiliki target bacaan

Sebelum membaca kamu harus menargetkan dirimu? Dalam waktu sehari sudah berapa halaman yang kamu sudah baca. Nah dengan begitu pasti kamu akan punya target dalam waktu seminggu kamu sudah menyelesaikan beberapa novel yang kamu selesaikan bacanya.

E. Memiliki list novel yang popular

Tidak memiliki novel menjadi alasan untuk memalas membaca . maka kamu harus mempunyai list novel popular hasil dari rekomendasri teman teman mu atauh rekomendasi dari media online.
Itu hanya segelintir tips untuk meningkatkan minat baca. Semoga bermanfaat

(***)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membaca Novel Meningkatkan Minat Baca"

Posting Komentar