Jelang Hari Pencoblosan, KPU Banten Ingatkan Pemilih Tolak Politik Uang

RMOLBANTEN. Mendekati pencoblosan pilkada serentak di empat daerah di Banten, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menghimbau kepada pemilih untuk menolak politik uang, politisasi sara dan ujaran kebencian.

"Saya kira ini sudah jadi kesadaran publik, pilkada ini kita harus coba jaga, kita harus hindarkan dari politik uang, terus politisasi sara juga harus dihindari," kata Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, Agus Sutisna, Jumat (4/12).

"Kami di KPU tentu tidak bosan-bosan menyampaikan kepada teman-teman di semua tingkatan upaya mengajak kepada masyarakat menghindarkan hal-hal itu," tambahnya.

Pihaknya, kata Agus di setiap sosialisasi di masyarakat selalu mengingatkan hal itu dan bersama-sama menjaga pilkada yang bermartabat.
"Marilah kita bersama-sama melawan kegiatan atau aktivitas yang berpotensi merusak martabat Pilkada kita ini," ujarnya.

Dikatakan Agus jika terjadi kejadian politik uang atau isu sara dari pasangan calon atau pihak lain. Maka hal tersebut akan dilimpahkan kepada Bawaslu, lantaran hal tersebut merupakan ranah kewenangan Bawaslu.

"Kalau secara mekanisme tentu ada Bawaslu, jadi biar kawan-kawan Bawaslu yang akan melakukan upaya pencegahan lebih kongkrit dan penindakan serta yang lain-lain, karena itu ranahnya kewenangan Bawaslu," jelasnya.

Dirinya mengatakan, KPU hanya dapat menghimbau dan mengajak untuk dapat menghindari hal tersebut.

"Kami di KPU hanya bisa menghimbau, mengajak sesuai regulasi kita, kalau soal pencegahan terutama penindakan itu kan harus lembaga yang kompeten dalam hal ini Bawaslu," tandasnya. [ars]

from RMOLBanten.com https://ift.tt/2Ibdl8V
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jelang Hari Pencoblosan, KPU Banten Ingatkan Pemilih Tolak Politik Uang"

Posting Komentar