Pembelajaran Online, Guru di Sajira Lebak Keluhkan Sinyal Internet

LEBAK – Terhitung sejak April 2020, pembelajaran via daring di SMKN 1 Sajira, Lebak, mulai diterapkan. Eka Nurul Hayat, seorang tenaga didik di sana mengaku kesulitan dalam praktik belajar via daring ini.

“Kecamatan Sajira itu lumayan jauh dari Rangkas, dan murid SMKN 1 Sajira banyak yang berasal dari kampung yang jauh dari kecamatan. Boleh dibilang cukup pelosok, jadi kendalanya ada di jaringan internet atau sinyal,” terangnya saat dihubungi via WhatsApp, Jumat, (04/12/20).

Selain itu ia mengatakan banyak juga yang kendala muridnya yang belum memiliki telepon genggam atau kalaupun ada harus berbagi dengan adik-adiknya yang masih SD/SMP yang juga belajar daring.

“Makanya nggak heran banyak murid saya yang nggak hadir waktu jam pelajaran dimulai. Kami berusaha maksimal tapi lagi-lagi alat-alatnya yang kurang maksimal,” keluhnya.

Sementara itu, ia menyampaikan bahwa penerapan 3M sendiri dirasa cukup baik. Karena ada beberapa mata pelajaran yang mau tidak mau memaksa murid untuk hadir ke sekolah.

“Jika siswa terpaksa harus ke sekolah untuk materi praktikum misalnya, itu lumayan sudah ada kesadaran sendiri dengan memakai masker, guru-gurunya pun jika terpaksa harus rapat offline itu selalu memakai masker dan pihak sekolah menyediakan tempat cuci tangan,” tambahnya.

Eka mengatakan kegiatan belajar mengajar merasa lebih efektif berjalan dengan cara tatap muka dibandingkan dengan daring.

“Karena kendala geografis yang merupakan dataran tinggi dengan banyak sungai, jadi jaringan internet atau sinyal untuk kampung-kampung yang jauh dari kecamatan dan agak pelosok itu sulit sekali,” imbuhnya.

Selain itu Eka juga mempermasalahkan mengenai kedisiplinan juga pembelajaran sikap atau akhlak lebih efektif dalam proses belajar tatap muka di sekolah. “Semoga pandemi lekas berakhir, agar kita bisa belajar tatap muka lagi,” tutupnya.

(AU/Red/SG)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pembelajaran Online, Guru di Sajira Lebak Keluhkan Sinyal Internet"

Posting Komentar