HP Lemot? Begini Cara Cek Battery Health pada Smartphone Android

TANGERANG – Pada era digitalisasi, smartphone menjadi perangkat yang sangat dibutuhkan banyak orang untuk melakukan berbagai macam kebutuhan seperti belajar atau bekerja.

Tentunya mereka juga harus memastikan performanya tetap baik. Dalam mendukung itu, diperlukan baterai yang stabil dan sehat.

Sementara itu, berikut ciri jika kualitas baterai sudah mulai menurun diantaranya, presentase baterai sering berkurang drastis dalam waktu singkat, ponsel sering mati secara tiba, baterai dicas sangat lama. Ada juga bentuk baterai jadi kembung dan ponsel mati total yang menandakan baterai sudah benar-benar rusak.

Selain itu, kamu juga bisa gunakan cara ini untuk mengecek kesehatan baterai pada ponsel :

1. Battery Information

Kita bisa mengecek informasi baterai dengar cara ketik kode ##4636## menu dial, lalu tekan Battery Information atau Battery Statistic. Setelah itu akan muncul indikator Battery Health.

Pada saat kondisi baterai sehat akan tertulis Good sementara sebaliknya saat kondisi baterai sudah tidak baik akan tertulis Bad. Tentunya daya akan cepat berkurang ketika digunakan dalam rutinitas harian jika kondisi kesehatan baterai tidak lagi prima.

2. Accu Battery

Selain itu, kita bisa cek status baterai dengan cara lain melalui aplikasi Accu Battery yang bisa dipasang di semua jenis smartphone android di Playstore. Setelah itu, pastikan daya baterai nol persen, dalam keadaan peesentase baterai nol persen, isi daya baterai dengan menyambungkannya ke kabel charger dan nyalakan HP, lalu pastikan aplikasi AccuBattery telah berjalan dan tunggu sampai persentase baterai menjadi 100 persen.

Setelah daya baterai terisi penuh hingga 100 persen, maka akan muncul di layar ponsel informasi mengenai kesehatan baterai dan juga estimasi daya tahannya.

Dengan begitu kita bisa memastikan apakah baterai cepat habis dikarenakan memang kesehatannya yang sudah tidak baik atau dikarenakan hal lain seperti penggunaan yang berlebih.

Jika baterai sudah tidak dapat bertahan lama, maka ada baiknya langsung mengunjungi Service Center resmi terdekat untuk ditangani dan diperbaiki oleh petugas berpengalaman.

(Red)

The post HP Lemot? Begini Cara Cek Battery Health pada Smartphone Android first appeared on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HP Lemot? Begini Cara Cek Battery Health pada Smartphone Android"

Posting Komentar