6 Hal Penyebab Tingginya Kolesterol

Kolesterol adalah lemak yang diproduksi oleh tubuh dan juga berasal dari makanan hewani. Kolesterol membantu tubuh memproduksi vitamin D, asam empedu untuk mencerna lemak, dan sejumlah hormon. Namun kelebihan kolesterol juga dapat memicu berbagai penyakit salah satunya kardiovaskular.

Ada berbagai jenis kolesterol berdasarkan apa yang dibawa oleh lipoprotein, yaitu Low-density lipoprotein (LDL) yang lebih dikenal sebagai kolesterol “jahat”. Kolesterol LDL umumnya menumpuk di dinding arteri, sehingga berisiko membuat arteri mengeras dan menyempit.

Kemudian ada High-density lipoprotein (HDL) atau yang kerap disebut sebagai kolesterol “baik”. Dikatakan kolesterol baik sebab kolesterol ini mengambil kelebihan kolesterol dan membawanya kembali ke hati.

Penyakit kolesterol tinggi ditandai dengan kadar LDL tinggi dan kadar HDL yang rendah dari nilai normal. Tingginya kadar LDL menandakan bahwa banyak kolesterol yang mengendap di dinding arteri seseorang. Hal ini menyebabkan arteri menyempit yang bisa memicu berbagai masalah kesehatan, terutama jantung koroner.

Kadar kolesterol tinggi bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti gaya hidup, diet hingga faktor keturunan. Penyakit-penyakit mendasar yang memengaruhi hati, tiroid, ataupun ginjal juga bisa dapat meningkatkan kadar kolesterol darah.

Kolesterol tinggi umumnya memicu penyakit kardiovaskular yang gejala utamanya adalah angin duduk. Kondisi nyeri dada atau ketidaknyamanan yang terjadi ketika otot jantung tidak cukup memiliki suplai darah yang kaya oksigen. Kalau mengalami gejala tersebut, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Lalu apa saja yang menjadi penyebab kadar kolesterol tinggi? Simak di bawah ini!

1. Faktor Keturunan

Ternyata, faktor gen dapat memengaruhi bagaimana cara tubuh untuk mengurai kolesterol LDL di dalam tubuh. Penyakit kolesterol yang diturunkan dari garis keturunan disebut hiperkolesterol familial. Penyakit ini bisa menyebabkan penyakit jantung dini.

2. Obesitas

Seseorang yang memiliki kelebihan berat badan secara langsung berisiko meningkatkan kadar LDL dalam tubuh. Oleh karenanya, pengidap obesitas dianjurkan untuk menurunkan berat badan yang otomatis akan menurunkan LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL.

3. Usia dan Jenis Kelamin

Sebelum memasuki usia menopause, wanita biasanya memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah daripada pria yang berusia sama.

Meski begitu, saat mencapai usia 60–65 tahun, kolesterol dalam darah cenderung naik pada pria maupun wanita. Namun biasanya, wanita yang mencapai usia 50 tahun memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi ketimbang pria dengan usia yang sama.

4. Stres

Stres menjadi salah satu pemicu yang bisa meningkatkan kadar kolesterol darah dalam jangka panjang. Sebab, sebagian besar orang yang mengalami stres, ingin mengonsumsi makanan berlemak sebagai sarana menghibur diri. Lemak jenuh dan kolesterol dalam makanan inilah berkontribusi pada tingginya kadar kolesterol dalam darah.

5. Merokok

Rokok dapat merusak dinding pembuluh darah, sehingga membuat arteri lebih rentan untuk menumpuk lemak. Merokok bahkan dapat menurunkan kadar HDL yang bisa memperburuk kondisi penyakit hiperkolesterolemia atau tingginya kolesterol dalam darah.

6. Pola Makan yang Tidak Sehat

Sering mengonsumsi makanan yang tinggi kolesterol, yaitu bahan makanan hewani, seperti jeroan seperti otak, lemak, dan babat, lemak dari daging, daging merah, dan kuning telur adalah penyebab utama kolesterol tinggi. Selain bahan makanan tersebut, daging dan susu full cream, kue kering, biskuit, keripik kemasan, dan popcorn juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat karena mengandung lemak jenuh. (Red)

 

 

The post 6 Hal Penyebab Tingginya Kolesterol first appeared on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Hal Penyebab Tingginya Kolesterol"

Posting Komentar