Jadi Alternatif Pengganti Nasi, Kentang Punya Beragam Manfaat

Kentang menjadi salah satu makanan sumber karbohidrat yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya menjadi alternatif pengganti nasi, kentang dapat membantu menjaga kadar glukosa yang baik dalam darah.

Dalam studi American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, peningkatan glukosa sederhana membantu pembelajaran otak dan memori. Begitu juga dengan kalium yang mendorong pelebaran pembuluh darah. Aktivitas ini dapat membantu memastikan otak mendapat cukup darah.

Yuk simak 5 manfaat kentang untuk tubuh:

1. Menyehatkan Pencernaan

Pati resisten dalam kentang bisa meningkatkan kesehatan pencernaan. Pati ini tidak dipecah dan diserap sepenuhnya oleh tubuh sebaliknya, ia mencapai usus besar di mana menjadi sumber nutrisi bagi bakteri yang menguntungkan di usus.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Selain untuk melancarkan pencernaan, kandungan pati resisten dalam kentang dapat mengurangi resistensi insulin, yang pada gilirannya meningkatkan kontrol gula darah. Konsumsi kentang sangat cocok untuk pengidap diabetes untuk menghilangkan kelebihan gula darah dengan lebih baik setelah makan.

3. Menetralkan radikal bebas

Kentang kaya akan kandungan antioksidan, mulai dari flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Senyawa tersebut bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh dengan menetralkan molekul berbahaya, yaitu radikal bebas yang menumpuk dan bisa meningkatkan risiko penyakit kronis.

Kentang berwarna seperti kentang ungu dapat memiliki antioksidan tiga hingga empat kali lebih banyak daripada yang biasa.

4. Mengenyangkan dan Menyehatkan

Selain bergizi, kentang juga sangat mengenyangkan. Tak jarang kentang selalu menjadi salah satu altermatif menu untuk berdiet.

Protein pada kentang dapat mengekang nafsu makan dan meningkatkan pelepasan cholecystokinin (CCK), hormon yang meningkatkan perasaan kenyang.

5. Menjaga kesehatan jantung

Kentang mengandung sejumlah mineral dan senyawa tumbuhan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan potasium yang tinggi sangat penting untuk kesehatan tekanan darah. Selain itu, zat lain dalam kentang yang dapat menurunkan tekanan darah termasuk asam klorogenat dan juga kukoamines.

(Red)

 

The post Jadi Alternatif Pengganti Nasi, Kentang Punya Beragam Manfaat first appeared on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jadi Alternatif Pengganti Nasi, Kentang Punya Beragam Manfaat"

Posting Komentar