Setelah Makan Daging Kambing Kepala Terasa Pusing? Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya

SERANG – Sakit kepala setelah makan daging kambing ternyata banyak dialami oleh orang. Pusing setelah makan daging dapat menyebabkan kepala seseorang terasa nyut-nyutan bahkan hingga mengakibatkan penglihatan kabur. Lantas kenapa setelah makan daging kambing kepala terasa pusing?

Sakit kepala setelah makan daging kambing bisanya disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari alergi hingga kelainan sendi. Kondisi tersebut umumnya akan dikaitkan dengan adanya gangguan kesehatan, seperti tekanan darah yang tinggi ataupun kolesterol. Karena alasan yang berbeda-beda, sebaiknya Anda perlu mencari tahu penyebabnya.

Penyebab Sakit Kepala Setelah Makan Daging Kambing

Berikut ini alasan kenapa setelah makan daging kambing kepala terasa pusing seperti melansir suara.com (jaringan BantenNews.co.id).

1. Alergi daging

Sering merasa pusing setelah makan daging kambing, sapi atau lainnya, dapat menjadi tanda jika Anda mempunyai alergi terhadap daging. Alergi daging kambing adalah salah satu jenis alergi terhadap daging yang paling sering terjadi.

Adapun reaksi tubuh ketika mengalami alergi yaitu menghasilkan histamin, yang salah satunya bisa menyebabkan pusing bahkan sakit kepala. Tak hanya itu, alergi ini biasanya juga akan disertai dengan sejumlah gejala lain, yaitu kulit gatal, bersin-bersin, dan juga mual.

2. Keracunan daging

Jika Anda tiba-tiba saja mengalami pusing atau sakit kepala sesaat setelah makan olahan daging kambing, bisa saja disebabkan karena keracunan daging. Infeksi bakteri penyebab penyakit, salmonella, E. coli, ataupum listeria, bisa menjadi penyebab keracunan dan memicu pusing atau sakit kepala setelah makan daging kambing atau daging lainnya.

Kondisi ini dapat diperparah saat Anda mengolah daging tersebut dengan cara yang tidak tepat. Selain akan mengurangi kualitas gizi yang terkandung di dalam daging kambing, daging yang tak diolah dengan cara yang tepat juga bisa menyebabkan keracunan makanan.

3. Kebanyakan makan daging kambing

Daging kambing adalah sumber zat besi yang sangat baik untuk tubuh. Salah satu fungsi dari zat besi yakni untuk pembentukan sel darah merah yang sehat bagi tubuh. Namun, jika Anda terlalu banyak makan daging juga akan berbahaya. Pasalnya, hal ini dapat membuat keracunan zat besi.

Keracunan zat besi pada umumnya akan menimbulkan beberapa gejala dalam waktu enam jam setelah overdosis dan bisa memengaruhi bagian tubuh yang berbeda. Setelah makan daging kambing, seseorang akan mengalami gejala seperti pusing, sakit kepala, mual, muntah, diare, nyeri perut, gelisah, dan juga mengantuk.

Keracunan zat besi ini juga dapat berdampak pada saluran pernapasan, paru-paru, bahkan sistem saraf. Pada kasus yang parah, kondisi tersebut mungkin akan menyebabkan napas cepat, jantung berdebar, kejang, pingsan dan tekanan darah rendah.

Cara Mengatasi Kepala Pusing Setelah Makan Daging Kambing

Sakit kepala yang terasa setelah makan daging kambing biasanya tidak terlalu serius, namun keluhan ini bisa saja sangat mengganggu bagi beberapa orang. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara yang bisa diterapkan dalam mengatasi kepala pusing setelah makan daging kambing.

• Duduk bersandar atau berbaring di tempat yang terasa nyaman

• Jika penyebab pusing  karena alergi, Anda bisa sesegera mungkin meminum obat alergi atau mendapatkan suntikan alergi dari dokter

• Pastikan jika tubuh telah terhidrasi dengan baik untuk mengatur tekanan darah agar selalu normal. Salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi air putih secukupnya

• Hindari mengonsumsi makanan olahan, roti tawar, dan nasi putih. Makanan ini bisa menurunkan tekanan darah sehingga pusing malah tidak kunjung hilang.

• Konsumsi makanan yang lebih sehat, seperti protein tanpa lemak serta berbagai makanan yang mengandung kolesterol baik (seperti minyak kelapa dan minyak zaitun)

• Hindari dulu melakukan aktivitas yang berat. Anda dapat menunggu sekitar satu jam sebelum melakukan aktivitas berat

• Mencoba melakukan pengobatan alternatif seperti akupuntur.

Nah demikianlah penjelasan terkait kenapa setelah makan daging kambing kepala terasa pusing. Semoga dapat membantu Anda dalam menangani masalah sakit kepala setelah makan daging kurban.

(Red)

The post Setelah Makan Daging Kambing Kepala Terasa Pusing? Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya first appeared on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Setelah Makan Daging Kambing Kepala Terasa Pusing? Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar