Balai BPOM Serang Edukasi Kader Keamanan Pangan Desa

SERANG – Balai Besar POM di Serang menggelar seminar Pengawalan Program Desa Pangan Aman yang bertema “Kenali dan Pahami Penyebab Stunting” di Hotel Aston Serang, Selasa (12/9/2023).

Kegiatan ini melibatkan 91 kader Keamanan Pangan Desa yang sudah diintervensi dari Kabupaten Serang, Kota Serang, dan Kota Cilegon. Kemudian Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB).

Kepala Balai Besar POM di Serang Mojaza Sirait membuka secara langsung kegiatan ini. Ia menjelasakan stunting merupakan permasalahan global. Penurunan angka stunting merupakan salah satu dari 6 tujuan utama Global Nutrition Target for 2025. Indonesia sebagai salah satu negara yang mempunyai angka stunting cukup tinggi.

BBPOM di Serang sebagai salah satu bagian pemerintah turut serta dalam aksi edukasi penurunan angka stunting. Dan memiliki komitmen bersama dalam penurunan stunting.
“Kader yang diundang ini terlbat langsung dalam kegiatan posyandu di desa sehingga diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan dalam menyosialisasikan pencegahan stunting kepada komunitas masing-masing, “ujarnya.

Balai Besar POM di Serang mengundang mengedukasi para kader dengan materi yang berjudul “Stunting Bisa Dicegah Asal Kita Tidak Lengah”.
Sebagai pemateri, Tan Shot Yen, Dokter dan ahli gizi masyarakat yang konsern dalam edukasi pencegahan stunting menjelaskan, stunting bukan gagal tumbuh melainkan ganguan gizi kronis yang dimulai sejak ibu hamil, melahirkan hingga anak usia 2 tahun. Hal ini ditandai dengan tinggi badan menurut usia berada pada kurva merah ke bawah.

“Stunting bisa dicegah dengan menutup 5 pintu penyebab stunting dan membuka 5 pintu keluarnya yaitu literasi, edukasi, sanitasi, imunisasi serta perencanaan ekonomi. Dengan adanya peningkatan wawasan terkait cara pencegahan stunting, diharapkan kader keamanan pangan yang hadir mampu menjadi ujung tombak pencegahan stunting,” ujarnya. (Dhe/Red)

The post Balai BPOM Serang Edukasi Kader Keamanan Pangan Desa first appeared on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Balai BPOM Serang Edukasi Kader Keamanan Pangan Desa"

Posting Komentar