Begini Prediksi Ekonomi Banten Pada Tahun 2024

SERANG- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Banten memprediksi perekonomian pada tahun 2024 tumbuh di angka 4,9 -5,3 persen. Sementara target inflasi terjaga di kisaran 3,00 plus minus 1 persen.

Deputi KPw BI Provinsi Banten, Hario K Pamungkas mengatakan, hal tersebut sejalan dengan kuatnya fundamental ekonomi di Banten, ditopang oleh industri pengolahan yang masih bisa memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat.

“Kami tetap optimis melihat fundamental ekonomi di Banten sangat kuat pada industri pengolahan walaupun ekspor terhenti, dengan terjaganya industri pengolahan di Banten akan menjaga konsumsi di Banten,” kata Hario, Jumat (30/11/2023).

Hario menjelaskan, industri pengolahan di Banten memiliki peran penting dalam menopang perekonomian daerah. Hal ini terlihat dari kontribusinya terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Banten yang mencapai 52,91 persen pada triwulan III 2023.

Selain itu, industri pengolahan juga menyerap tenaga kerja yang cukup besar, yaitu sekitar 1,6 juta orang pada tahun 2022.

“Dengan kondisi industri pengolahan yang masih kuat, kami yakin perekonomian Banten akan tetap tumbuh secara positif pada tahun 2024,” ujar Hario.

Dari sisi inflasi, Banten masih bisa mengendalikan di level 2,5 plus minus 1 persen. Hal tersebut juga merupakan upaya berbagai pihak guna mendukung ekonomi berkelanjutan.

“Kemungkinan krisis geopolitik akan panjang dan tidak akan berlangsung cepat, tetapi yang dibutuhkan adalah respon kita baik menanggapi kejadian yang terjadi di tingkat global maupun nasional,” ujarnya.

Lebih rinci, Hario menyebut beberapa sektor potensi yang mampu mendongkrak perekonomian Banten pada tahun 2024 di antaranya, berlanjutnya investasi swasta pada industri kimia dan baja dengan rampungnya PT Chandra Asri Petrochemical pada tahun 2025.
Selain itu, sektor pariwisata juga memiliki potensi untuk tumbuh di tahun 2024. Hal ini seiring dengan meningkatnya tren wisatawan domestik pascapandemi COVID-19. (Dhe/Red)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Begini Prediksi Ekonomi Banten Pada Tahun 2024"

Posting Komentar