Besok Kampanye Rapat Umum Dimulai, Ini Jadwalnya

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten hari ini, Sabtu (20/1/2024), menyerahkan hasil Keputusan KPU Banten tentang jadwal kampanye rapat umum pada Pemilu 2024 yang bertempat di Aston Serang Hotel.

Kegiatan yang diikuti oleh Peserta Pemilu 2024, antara lain Partai Politik dan Calon Anggota DPD RI daerah pemilihan Provinsi Banten.

Anggota KPU Banten, M. Ali Zaenal Abidin mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan kampanye rapat umum, kampanye dalam bentuk lain tidak serta merta berhenti, tetapi tetap berlanjut sesuai dengan tahapan Kampanye.

”Jadwal Kampanye Rapat Umum ini dibuat berdasarkan kesepakatan bersama dan sudah sesuai dengan masukan dan tanggapan seluruh Peserta Pemilu 2024 dan telah dikonsultasikan ke KPU RI,” kata Ali.

Ali memaparkan, Keputusan KPU Banten tentang jadwal iampanye rapat umum pada Pemilu 2024 tingkat Provinsi Banten dimana kampanye Pemilu melalui metode rapat umum partai politik (parpol) tingkat Provinsi Banten mengikuti dukungan politik kepada pasangan calon (paslon) Presiden dan Wakil Presiden.

“Dimana pada Pemilu 2024 terdapat tiga Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, dan untuk Banten termasuk dalam Zona A,” paparnya.

Ali menambahkan, jadwal kampanye rapat umum yang akan dimulai tanggal 21 Januari sampai dengan tanggal 7 Februari 2024, jadi untuk tanggal 21 Januari parpol yang berkampanye adalah parpol nomor 1, 5, 8, 24 bertempat di kabupaten/kota se Provinsi Banten. Hari kedua tanggal 22 Januari 2024 parpol yang berkampanye adalah parpol nomor 2, 4, 7, 11, 12, 13, 14, 15 bertempat di kabupaten/kota se Provinsi Banten.

Hari ketiga tanggal 23 Januari 2024 parpol yang berkampanye adalah parpol nomor 3, 10, 16, 17 bertempat di kabupaten/kota se Provinsi Banten, dan seterusnya.

Jadwal Kampanye Pemilihan Umum melalui metode rapat umum dalam Pemilu 2024 bagi Partai Buruh dan Partai Kebangkitan Nusantara Provinsi Banten dilaksanakan selama 21 hari di seluruh wilayah Provinsi Banten tanpa menggunakan pembagian wilayah kampanye Pemilu melalui metode rapat umum dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan

”Dan untuk jadwal kampanye rapat umum bagi Calon Anggota DPD adalah menggunakan draft kedua yang kemarin disepakati, dimana urutan membaginya berdasar kepada kabupaten/kota,” ujar Ali.

Sementara, Anggota Bawaslu Banten, Badrul Munir meminta kepada selurus peserta Pemilu 2024 untuk mematuhi aturan yang berlaku. Pihaknya juga memberikan beberapa himbauan agar pelaksanaan kampanye rapat umum berjalan lancar.

“Yang pertama adalah hindari provokasi dan tertib lalu lintas karena kampanye rapat umum tidak menegasikan, tidak melarang kampanye bentuk lainnya. Jadi sangat mungkin ada pertemuan kampanye yang jenisnya berbeda, berikutnya Badrul Munir juga meminta agar kegiatan kampanye agar tidak melibatkan anak-anak,” tegas Badrul. (Mir/Red)

 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Besok Kampanye Rapat Umum Dimulai, Ini Jadwalnya"

Posting Komentar