Hasbi Sidik : Makna Berkurban dalam Dimensi Sosial dan Spiritual

CILEGON – Wakil Ketua I DPRD Cilegon Hasbi Sidik mengungkapan melalui perintah berkurban, sesungguhnya Islam telah mengajarkan bagaimana umatnya dapat lebih mampu membangkitkan kepekaan dan kepedulian di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

Demikian salah satu pesan Hasbi saat dirinya menjadi khatib dalam Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah di Masjid Al Musyawaroh, Lingkungan Penauan, Kelurahan Kubangsari, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon pada Senin (17/6/2024) kemarin.

Wakil Ketua I DPRD Cilegon Hasbi Sidik menyampaikan makna berkurban dalam dimensi spiritual, bersyukur dan sosial. (Ist)

“Peristiwa menyembelih kurban itu secara spritual bermakna sebagai salah satu bukti penghambaan kita kepada Allah. Bahwa kita diciptakan untuk beribadah, menghambakan diri kepada Allah, salah satunya melalui kurban,” ujar Hasbi.

Menurut Politisi Gerindra ini, berkurban juga adalah sebagaI bukti rasa syukur seorang hamba atas segala rezeki dan berbagai nikmat yang diperoleh dari Allah SWT.

Wakil Ketua I DPRD Cilegon Hasbi Sidik saat menyaksikan pejyembelihan hewan kurban. (Ist)

“Sebagai seorang umat muslim, kita bahkan dituntut berkurban tak hanya hewan yang akan disembelih, namun mampu pula harta, jabatan dan kedudukan, bahkan jiwa sekalipun. Mengingat nilai pengorbanan tidak hanya dilihat dari kuantitas, tetapi dari niat dan kualitas ketulusan dan keikhlasan,” jelasnya.

Hasbi juga meluangkan waktunya untuk menyaksikan secara langsung proses penyembelihan hewan kurban sebelum akhirnya berkumpul bersama kerabat.

Wakil Ketua I DPRD Cilegon Hasbi Sidik saat berkumpul bersama kerabat pada perayaan Idul Adha 1445 H. (Ist)

“Dari dimensi sosialnya, dengan pembagian daging hewan kurban telah mengimplementasikan diri kita sebagai makhluk sosial yang juga memiliki cinta kasih dan rasa tanggung jawab sesama umat dalam rangka bersama-sama meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” jelas Hasbi.

(Advertorial)

The post Hasbi Sidik : Makna Berkurban dalam Dimensi Sosial dan Spiritual appeared first on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hasbi Sidik : Makna Berkurban dalam Dimensi Sosial dan Spiritual"

Posting Komentar