Jara dan Bara Resmi Jadi Maskot Pilgub Banten 2024

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten resmi meluncurkan maskot dan jingle Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten tahun 2024 di Stadion Maulana Yusuf, Ciceri, Kota Serang, Sabtu (1/6/2024) malam.

Pilihan maskot Pilgub Banten jatuh pada hewan asli Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, yaitu badak cula satu yang diberi nama Jara dan Bara.

Pemilihan badak jawa menjadi maskot Pilgub Banten 2024 tak lepas dari hewan mamalia langka yang menjadi penghuni Taman Nasional Ujung Kulon di Selatan Provinsi Banten.

Ketua KPU Provinsi Banten, Mohamad Ihsan mengatakan, pemilihan badak jawa sebagai maskot merupakan bagian dari strategi KPU dalam melakukan sosialisasi Pilkada di tengah masyarakat.

“Harapannya tentu dengan menggunakan maskot ini masyarakat lebih tahu penyelenggaraan Pilkada yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024. Selain itu (alasan lain), badak merupakan fauna asli yang dimiliki oleh Provinsi Banten,” kata Ihsan usai launching.

Ihsan juga menjelaskan, maskot Pilgub Banten 2024 juga mempunyai nama dari dua jenis kelamin fauna tersebut yakni Bara dan Jara. “Pemberian nama ini lebih kepada semangat menggunakan hak pilih, Banten Bersuara (Bara) dan Jaga Suara (Jara),” jelasnya.

Ihsan juga mengungkapkan, pemilihan tanggal launching bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila mengandung arti jika perhelatan Pilgub Banten 2024 dapat melahirkan kepala daerah yang berfalsafah Pancasila.

“Pada malam hari ini kita luncurkan jingle dan maskot Pilgub Banten 2024 yang juga bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila. Mudah-mudahan semangat Pilkada dapat melahirkan pemimpin yang berfalsafah Pancasila,” ungkapnya.

Senada, Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menilai penunjukan badak jawa sebagai maskot Pilgub Banten sudah tepat.

“Ini adalah sebuah pilihan yang tepat. Karena (badak) bagian dari Kebantenan kita. Dan kita jaga kelestariannya dan kita sodialisasikan penjagaannya, termasuk menggunakan maskot (pada Pilgub Banten 2024),” tandasnya. (Mir/Red)

 

The post Jara dan Bara Resmi Jadi Maskot Pilgub Banten 2024 appeared first on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jara dan Bara Resmi Jadi Maskot Pilgub Banten 2024"

Posting Komentar