2025, Rumah Tetap Korban Banjir Bandang Lebakgedong Dibangun

LEBAK – Korban banjir bandang yang berada di hunian sementara (Huntara) Kecamatan Lebakgedong, Kabupaten Lebak direncanakan dibangunkan rumah oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI pada tahun 2025 nanti.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak, Febby Rizky Pratama mengatakan, Pemkab Lebak saat ini terus berupaya untuk menyelesaikan persoalan lahan untuk dijadikan hunian tetap bagi masyarakat Lebakgedong yang terdampak bencana banjir bandang pada tahun 2019 lalu.

“Hasil rapat koordinasi percepatan penanganan relokasi Lebakgedong, tahun ini target clear persoalan lahan. Tahun 2025, pembangunan rumah,” kata Febby kepada awak media, Kamis (18/7/2024).

Ia mengungkapkan, pembangunan tersebut akan dilakukan di lahan seluas 5 hektar milik Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) sesuai rekomendasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dikerjakan oleh Kementerian PUPR RI.

“Dilahan tersebut akan dibangun sebanyak 221 unit rumah, dan akan diusulkan juga pembangunan jalan, sarana kesehatan serta tempat peribadatan,” ujarnya.

Sementara itu, Ajum salah seorang korban banjir bandang yang tinggal di Huntara berharap, agar pemerintah bisa cepat membangun hunian bagi korban banjir bandang, karena semua korban sudah lama menantikan rumah yang layak.

“Semoga segera terealisasi, karena kami sudah lama menantinya. Dari dulu kami ingin tempat tinggal yang layak dan nyaman untuk ditempati. Karena selama ini masih tinggal di hunian sementara (huntara),” ucap Ajum.

Perlu diketahui, jika korban banjir bandang sudah tinggal di hunian sementara selama empat tahun, Huntara tersebut atapkan dan berdinding terpal, sehingga jauh untuk dikatakan layak. (San/Red)

Tags: banjir bandang, BPBD Lebak, Huntara, korban banjir bandang.

The post 2025, Rumah Tetap Korban Banjir Bandang Lebakgedong Dibangun appeared first on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2025, Rumah Tetap Korban Banjir Bandang Lebakgedong Dibangun"

Posting Komentar