Berobat di Puskesmas Kota Serang, Ada Pungutan Biaya?

RMOLBanten.Warga mengeluhkan adanya biaya pendaftaran berobat di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Curug Kota Serang. Setiap pasien yang akan diperiksa dimintai uang sebesar Rp 3 ribu.

Salah seorang warga, Rohmanah ditemui di rumahnya, di Kelurahan Suka Jaya, Curug Kota Serang, Selasa (25/6) mengaku aneh dengan pungutan ribuan rupiah setiap berobat ke Puskemas setempat.

"Setiap kali saya berobat ke Puskesmas diminta uang Rp 3 ribu oleh petugas yang berada dekat diruang dokter.
Awalnya, saya bingung uang itu sebagai biaya apa, dan tidak berani tanya kepada pegawai Puskesmas, khawatir saya tidak akan dilayani dengan baik kalau banyak tanya," ujarnya.

Namun sebulan lalu, saat dirinya memeriksa kesehatannya, mencoba memberanikan diri bertanya kepada petugas yang meminta uang tersebut.

"Katanya untuk biaya pendaftaran. Saya kan rutin berbat kesan. Memang nilainya Rp 3 ribu, tapi kan saya kalau nonton tivi, katanya berobat ke Puskesmas itu gratis, tidak dipungut biaya apapun. Tapi kok ini ada biaya pendaftaran. Artinya tidak gratis dong," ujarnya.

Senada diungkapkan oleh Ahmad Sukri. Menurut pria yang rutin sebulan sekali berobat ke Puskesmas Curug ini merasa aneh dengan pungutan setiap berobat.

"Kalau itu pungutan retribusi, kenapa harus setiap berobat harus keluar uang. Waktu dulu memang ada pungutan retribusi, tapi itu cukup sekali, selanjutnya kita bawa kartu pungutan yang sudah kita bayar pertama kali. Jadi gak setiap berobat keluar uang lagi," katanya.

Plt Kepala Dinkes Kota Serang, Ikbal saat dikonfirmasi belum juga memberikan penjelasan. Hingga berita ini diturunkan Whatsapp Messenger yang dikirim, belum juga dijawab. [ars]



from RMOLBanten.com http://bit.ly/2NbS7JO
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berobat di Puskesmas Kota Serang, Ada Pungutan Biaya?"

Posting Komentar