Kadinsos: Percepat Penyalurkan Bansos BPNT

RMOLBanten. Pemprov Banten meminta kepada Kabupaten Serang, Lebak dan Pandeglang agar secepatnya menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk keluarga penerima manfaat (KPM).

Sebelumnya, tiga daerah tersebut, masih menyalurkan bantuan sosial (Bansos) dari Kemensos berupa beras sejahtera (Rastra).
Kepala Dinas Sosial Banten, Nurhana mengharapkan, tiga kabupaten yang sebelumnya menyalurkan program dalam bentuk rastra agar bisa menyesuaikan jadwal pada bantuan BPNT dibulan Juni ini.

Permintaan percepatan penyaluran BPNT tersebut setelah Pemprov Banten mendapati tiga daerah tersebut hingga sampai saat ini belum menyalurkan BPNT Juni, sampai dipenghujung bulan ini.

"Kami sangat mengharapkan, bantuan BPNT di bulan ini, juga harus diberikan pada bulan ini, jangan sampai terlambat," ungkapnya, Rabu, (26/6).

Kepala Dinsos Kabupaten Lebak, Eka Darmana Putra mengungkapkan, pihaknya baru melanuching program BPNT beberapa hari lalu. Dan saat ini, Pemkab Lebak masih melakukan agen penyalur BPNT di semua kecamatan.

"Lebak bulan lalu sudah launching dari Rasta ke BNTP. Januari sampai Mei sudah terserap 100 persen. Dan kita baru akan merencanakan penyaluran BPNT paling lambat pertengahan bulan Juli," ungkapnya.

Kendala yang dihadapi sehinga ada keterlambatan penyaluran BPNT bulan Juni salah satunya adalah kartu yang diberikan dari pemerintah pusat masih belum semuanya.

"Dari KPM 106.230 yang dicetak baru 71. 412, yang sudah disalurkan 32. 134 KPM. Dan ini sudah kami sebarkan ke BRI. Untuk sisanya kami masih berkoordinas dengan Kemensos," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinsos Kabupaten Serang, Euis Linda Mutia mengaku, ada berbagai kendala mengenai penyaluran BPNT diwilayahnya, sehingga sampai saat ini belum satupun PKM menerimanya.

"Permasalah dikami adalah dari pihak perbankan yakni BTN (bank tabungan negara), sampai saat ini kartunya belum disebarkan," katanya.

Padahal kata dia, pihaknya beberapa waktu lalu sering meminta agar BTN segera memberikan kartu tersebut kepada warga.

"Kalau Dinsos Kabupaten Serang sudah siap. Sekarangpun kalau pihak bank nya sudah siap, kami akan salurkan kepada PKM. Untuk agen sendiri kami sudah ada. Hanya tinggal menunggu kesiapan dari bank," ungkapnya.

Perwakilan dari Dinsos Pandeglang, Kamil menuturkan, pihaknya masih menghitung dan menunjuk agen.

"Kita masih menghitung agen, berapa banyak kebutuhannya. Karena wilayah kita sangat luas. Disamping belum semua KPM mendapatkan kartu," ujarnya.

Sementara itu BI Perwakilan Provinsi Banten Reny Titalay mengharapkan agar ada koordinasi yang baik antar semua pihak, termasuk perbankan.

"Meminta laporan rutin perbankan kepada kami, sehinga laporan evaluasi dapat disampaikan ke kementerian tiap bulan. Jadwal pengunduran penyaluran juga disampaikan, agar monitoring dilakukan berkelanjutan," tutupnya. [ars]



from RMOLBanten.com https://ift.tt/2X1108t
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kadinsos: Percepat Penyalurkan Bansos BPNT"

Posting Komentar