Polusi Penyebab Masyarakat Perkotaan Rentan Terjangkit Asma

RMOLBanten. Penyakit asma kian hari semakin meningkat. Salah satu faktor penyebabnya adalah polusi udara dan asap di perkotaan.

Dalam jangka waktu yang lama kondisi ini akan semakin meningkat mulai dari serangan asma akut dari stadium ringan hingga yang dapat mengancam jiwa atau mengakibatkan kematian.

Demikian disampaikan Dokter spesialis dari Siloam Hospitals Lippo Village dr. Samuel SpP saat memberikan penjelasan seminar tentang diagnosa asma dan penatalaksanaannya di Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Minggu, (30/6).

Menurutnya, sekitar 75 persen pasien masih melakukan kesalahan dalam menggunakan inhaler secara tidak benar, untuk itu cara penggunaan inhaler sangat penting sekali.

"Peserta nantinya bisa mendapatkan pemahaman dan penanganan yang tepat untuk membantu pasien dalam penanganan yang tepat bagi penderitanya. Agar memiliki kualitas hidup yang baik, gejala penyakit dapat terkontrol dan turunnya resiko terjadi serangan," katanya.

Dalam seminar ini juga dijelaskan secara rinci dan langkah serta menerapkan metode GINA (Global Initiative For Ashma) sebagai panduan tentang bagaimana para dokter (peserta) agar dapat mengetahui lebih dalam tentang penyakit asma ini.

Sementara dr. Leonardo Simanjuntak SpP. MKes menjelaskan perihal perbedaan asma akut dan kronis. Hal tersebut disebabkan masih banyaknya kesalahan dalam mendiagnosa penyakit asma.

Asma akut lebih tepat untuk digunakan pada penyakit yang diderita dalam durasi yang relatif singkat atau dalam waktu yang cepat.

Sedangkan istilah kronis digunakan untuk menjelaskan suatu penyakit yang diderita dalam kurun waktu yang lama atau berkembang secara perlahan lahan.

"Asma bisa juga disebabkan karena udara yang terlalu dingin sehingga akan mengalami batuk yang menerus terutama saat malam hari atau pagi hari," ujarnya.

Simanjuntak juga memaparkan tentang perbedaan pemberian inhaler dan oral bagi pasien. Pemberian inhaler lebih bagus karena langsung ke dalam paru paru. Sementara pemberian oral prosesnya lebih lama karena harus melalui beberapa organ di dalam tubuh.

"Setelah pemakaian inhaler pastikan pasien harus berkumur," tegasnya. [ars]



from RMOLBanten.com https://ift.tt/2FI4I0V
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Polusi Penyebab Masyarakat Perkotaan Rentan Terjangkit Asma"

Posting Komentar