Kelirumologi Flatologi

BAGI yang tidak suka hal-hal kurang senonoh , sebaiknya berhenti membaca sampai di sini saja. Bagi yang tetap nekad lanjut membaca naskah ini, wajib bertanggung-jawab atas kenekadan diri sendiri masing-masing.

Kurang Senonoh

Semula saya meyakini apa yang dinamakan (maaf!) kentut kurang senonoh dibahas apalagi secara ilmiah, sampai organ empedu saya dioperasi untuk dibuang akibat meradang sebab ada batu di dalamnya.

Dokter menyatakan bahwa saya dinyatakan sembuh apabila sudah bisa kentut. Berarti kentut memiliki peran cukup penting bagi kehidupan manusia. Agar lebih berwibawa , para dokter menciptakan sebuah terminologi beraroma akademis yaitu flatologi.

Medis

Pendek kata keliru jika kentut dianggap tidak ilmiah! Di dalam ilmu kedokteran Barat, kentut menyandang nama keren yaitu flatologi” berasal dari kata bahasa Latin flatus” bermakna" angin yang bertiup".

Kentut didefinisikan dalam literatur medis sebagai "flatus keluar lewat (maaf!) anus, ditandai atau dipengaruhi oleh gas yang dihasilkan di usus atau perut”.

Pada kenyataan sebenarnya flatus tidak selalu dikeluarkan lewat (maaf!) anus tetapi juga bisa lewat mulut bahkan (maaf!) vagina. Tidak diketahui apakah ada angin yang keluar lewat telinga.

Lingkungan

Pada lazimnya, mengeluarkan gas perut kembung di depan umum dianggap memalukan, tetapi tergantung pada konteksnya, juga dapat dianggap lucu.

Orang sering berusaha keras menahan ketika berada di kondisi yang sopan, atau memposisikan diri untuk menyembunyikan bunyi dan aroma. Dalam budaya tertentu, kentut tidak lebih memalukan daripadabatuk atau bersin.

Sementara peristiwa flatologis pada umumnya dianggap sebagai kejadian memalukan di tempat umum, perut kembung dapat, dalam keadaan biasa dan terutama di kalangan anak-anak, digunakan sebagai bahan humor untuk lelucon atau sebagai aktivitas komik dalam dan dari dirinya sendiri.

Penerimaan sosial terhadap kentut bervariasi terkait pada dimensi lingkungan waktu, lokasi dan kebudayaan. Apabila seorang presiden kentut pada suatu upacara kenegaraan, sebaiknya jangan ada yang menegur atau pura-pura saja tidak tahu dan tidak cium.

Secara sosiopsikologis terbukti bahwa banyak orang termasuk saya enggan mengaku apabila kentut di depan khalayak ramai dan tidak suka dituduh kentut meski sebenarnya kentut.

Industri Hiburan


Bantal Kentut jika diduduki manusia serta merta mengeluarkan bunyi mirip kentut merupakan produk industri hiburan yang diciptakan untuk mensimulasikan bunyi kentut.

Ada pemusik profesional piawai merangkai berbagai nada bunyi kentut sehingga menjadi melodi yang merdu ditampilkan pada pergelaran konser.

Pada tahun 2008, aplikasi kentut untuk iPhone menghasilkan hampir $ 10.000 dalam satu hari. Sebuah permainan kentut bernamaTouch Wooddidokumentasikan olehJohn Gregory Bourkepada tahun 1890-an.

Pada Januari 2011, Menteri Kehakiman Malawi, George Chaponda, sesumbar bahwarencana UU Pencemaran Udara akan membuat publik kentut ilegal di negeri Mali.

Saat memberitakan rencana tersebut, media menyindir pernyataan sang menteri urusan kentut sebagai kurang kerjaan. Semua itu membuktikan bahwa adalah keliru menganggap kentut tidak punya potensi ekonomis mau pun politis.

Ekologi

Hewan ternak menyumbang sekitar 20% dariemisi metanaglobal.90-95% darinya dilepaskan sebagai kentut dan sisanya dengan bersendawa.

Pada sapi, gas kentut dan sendawa diproduksi oleh mikroba penghasil metana yang disebutmethanogen, yang hidup di dalam sistem pencernaan sapi.

Proposal untuk mengurangi produksi metana pada sapi termasuk memberi makanan suplemen sepertioreganodanrumput laut, dan rekayasa genetik mikroba usus bioma untuk menghasilkan lebih sedikit metana.

KarenaSelandia Barumenghasilkan sejumlah besar produk pertanian, maka berada dalam posisi unik memiliki emisi metana yang tinggi dari ternak dibandingkan dengan sumber gas rumah kaca lainnya.Pemerintah Selandia Baru adalah penandatanganProtokol Kyotodan oleh karena itu berbagai upaya sedang dilakukan untuk mengurangi emisi rumah kaca.

Untuk mencapai hal ini, suaturetribusi penelitian emisi pertaniandiusulkan, yang disebut sebagai "pajak kentut" yang dikuatirkan rawan menghadapi perlawanan dari para petani, kelompok lobi pertanian dan politisi oposisi. Sementara para sapi akan tetap berkentut-ria! []

Penulis adalah pendiri Pusat Studi Kelirumologi.

from RMOLBanten.com https://ift.tt/2LHWc6N
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kelirumologi Flatologi"

Posting Komentar