Konflik Timur Tengah Sengaja Dibuat-Buat Asing

RMOLBanten. Pihak asing dituding sengaja meniciptakan ketegangan di beberapa konflik Timur Tengah. Diperkuat dengan peran media asing yang turut memanasi konflik dengan menyingkirkan kebenaran.

Demikian disampaikan Duta Besar (Dubes) Republik Islam Iran, Valiollah Mohammadi dalam acara perpisahan dengan para awak media di kediamannya, Jalan Madiun Nomor 1, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat malam (26/7).

Valiollah menyebut ketegangan konflik yang dibuat-buat itu, diantaranya terkait Teluk Persia, insiden serangan dua kapal tanker di Teluk Oman, hingga terkait Iran yang menembak jatuh pesawat tanpa awak.

Ketegangan atau persoalan yang sedang terjadi di Teluk Persia menurut saya sebuah ketegangan yang dibuat-buat. Republik Islam Iran berpendapat bahwa keamanan dan ketertiban di kawasan Teluk Persia harus diatur dan dijaga oleh negara-negara yang berada di kawasan tersebut,” ungkapnya.

Kata Valiollag, Iran merupakan negara yang terbuka dengan damai, dimana Iran menyodorkan bahwa solusi konflik Teluk Persia hanya bisa dicapai dengan dialog dan kerja sama.

Namun sayangnya, kata dia, media asing terus membuat konflik semakin memanas.

Seperti halnya insiden kapal tanker di perairan Jenewa yang dihantam serangan tidak terduga dan tidak jelas siapa oknumnya.

Negara kami dituduh seperti dalang atau aktor di balik dua insiden tersebut,” paparnya.

Selain itu, insiden lain adalah munculnya pesawat tanpa awak di Selat Hormuz yang diklaim Amerika Serikat (AS) merupakan pesawat milik Iran. Padahal Iran mengetahui radar kemunculan pesawat tersebut sebelumnya tidak diketahui AS.

Beberapa lama kemudian mereka klaim bahwa mereka menjatuhkan satu pesawat tanpa awak yang dimiliki oleh Iran. ini semuanya adalah ramgkaian kegiatan yang dilakukan oleh negara-negara asing untuk menciptakan ketegangan dan ketidakamanan di kawasan,” sambungnya.

Ini semuanya adalah pemeliharaan ketegangan. Tetap membuat sebuah api persoalan menyala di kawasan. Mereka ingin memelihara ketegangan ini. Berita keterangan, berita tensi terus-menerus ada,” ujarnya.

Di sisi lain, Dubes Mohammadi menegaskan bahwa ketegangan sengaja dimunculkan di kawasan Iran agar harga minyak bumi Iran menjadi naik.

Pasti teman-teman semua mengetahui bahwa 60 persen dari energi dunia disuplai atau dipasok dari kawasan kami. Ketika kawasan kami berada di bawah ketegangan, maka harga minyak bumi menjadi naik, dan ketegangan ini akan berdampak kepada semua negara di dunia,” tandasnya. [ars]

from RMOLBanten.com https://ift.tt/2SIK3zp
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Konflik Timur Tengah Sengaja Dibuat-Buat Asing"

Posting Komentar