KPK: Ingin Bukti Capim Bermasalah, Pansel Silakan Datang Ke Gedung Merah Putih

RMOLBanten. Pansel Capim KPK diminta datang datang ke Gedung Merah Putih KPK dan menyaksikan sendiri data dan fakta yang dikantongi KPK. Pansel menganggap catatan buruk KPK sebagai asumsi.

Hasil penelusuran rekam jejak dari 20 calom pimpinan KPK (Capim KPK) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ditemukan ada beberapa Capim bermasalah atau memiliki rekam jejak yang cacat.

"Jika Pansel ingin melihat bukti-bukti terkait dari informasi rekam jejak (Capim bermasalah) tersebut, KPK memilikinya dan kami juga mengundang Pansel untuk datang ke KPK," tegas jurubicara KPK, Febri Diansyah kepada wartawan di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (26/8).

Kata Febri, sejumlah kritik dan saran yang diterima Pansel terkait Capim bermasalah itu tak perlu direspons dengan resisten dan reaktif, cukup dengan membuktikan bahwa Pansel tetap menjaga prinsip-prinsip integritas.

Capim dari institusi manapun bagi KPK, kata Febri, tidak menjadi persoalan.

Yang terpenting memiliki rekam jejak baik dan mendukung upaya pemberantasan korupsi tanpa pandang bulu.

"Rekam jejak yang berintegritas menjadi hal yang paling utama," tegas Febri.

"Jika ada (Capim) memiliki catatan perbuatan tercela atau melanggar hukum, tentu wajar kita semua bertanya, apa pantas Pansel memilih calon tersebut?" imbuhnya heran.

Febri menegaskan, pihaknya dapat mempertanggung jawabkan hasil identifikasi KPK soal Capim-Capim yang dianggap bermasalah dan memiliki catatan buruk tersebut.

"Perlu kami tegaskan, KPK melakukan kegiatan rekam jejak karena permintaan Pansel. Prosesnya dilakukan dengan metode investigasi yang dapat dipertanggungjawabkan," pungkasnya.[dzk]

from RMOLBanten.com https://ift.tt/2PhcciL
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KPK: Ingin Bukti Capim Bermasalah, Pansel Silakan Datang Ke Gedung Merah Putih"

Posting Komentar