Surya Paloh Dekati PKS Tanda Persulit Jokowi Jalankan Program Pemerintah

RMOLBanten. Manuver Ketua Umum Nasdem Surya Paloh beserta rombongan petinggi partainya ke Kantor DPP PKS, Rabu (30/10) disebut akan berdampak terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo.

Begitu kata Director for Presidential Studies-DECODE UGM, Nyarwi Ahmad, Kamis (31/10).

Nyarwi mengatakan, jika langkah Surya Paloh bersama gerbong Nasdem hanya sebatas memperkuat konsolidasi lintas partai politik sebagai elemen penting dalam demokrasi dinilai sangat bagus.

Sebaliknya jika langkah Nasdem melakukan pertemuan dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ditujukan untuk memberikan tekanan terhadap Presiden Jokowi, maka Presiden Jokowi akan sulit menjalankan program pemerintahan.

"Namun jika langkah tersebut hanya ditujukan untuk mengkonsolidasikan ketidakpuasaan atau kekecewaan elite-elite parpol yang tidak dapat jatah menteri dalam kabinet Jokowi maka itu jelas akan merepotkan Pemerintahan Jokowi," ucap Nyarwi.

Langkah Nasdem bertemu dengan PKS juga dinilai ingin memperkuat narasi kebangsaan di panggung politik Indonesia.

"Konsolidasi ini tampaknya tidak hanya untuk penguatan visibilitas peran parpol dalam panggung politik Indonesia, namun juga penguatan mainstreaming narasi kebangsaan. Ada trend menarik atau baru, konsolidasi antar parpol Pasca Pilpres," pungksnya dilansir dari Kantor Berita RMOLNetwork.[dzk]

from RMOLBanten.com https://ift.tt/2N2D5nB
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Surya Paloh Dekati PKS Tanda Persulit Jokowi Jalankan Program Pemerintah"

Posting Komentar