Rekomendasi KNKT, Lion Air Harus Tindak Lanjuti Dalam Tiga Bulan

RMOLBanten. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara memastikan menindaklanjuti hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terkait kecelakaan Lion Air JT-610 di Perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Dirjen Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti, mengatakan, dari hasil investigas KNKT, pihaknya akan melakukan beberapa langkah tindak lanjut yang bersifat perbaikan ke dalam dan juga terhadap obyek pengawasan yakni Lion Air.

"Yang pertama, perbaiki manual dari kita sendiri yang sudah ada, agar antara manual satu dengan yang lain tidak bertentangan," ujar Polana, di Gedung DKKPU Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jum'at (1/11).

Kedua, lanjut Polana, pihaknya akan mewajibkan kepada operator penerbangan untuk melaksanakan pelatihan atau training kepada pilot yang akan mrngoperasikan Boeing 737 Max 8.

"Saat ini kita tengah mengkaji dan menunggu sertifikasi dari otoritas penerbangan lain, seperti EASA, Brazil, dan Kanada, nantinya kami akan melihat hasil tersebut menunggu, kami juga belum dapat informasi kapan sertifikasi tersebut dikeluarkan, jika memang sudah dikeluarkan dan dinyatakan laik terbang maka pilot yang akan menerbangkan Max 8 akan masuk simulator," jelasnya.

Selanjutnya, pihaknya juga akan meminta seluruh operator penerbangan di Indonesia untuk mengimplementasikan safety management system (SMS).

Hal tersebut, dilakukan dengan melakukan training SMS dengan cakupan dan jangka waktu sesuai tingkatan masing-masing personel di operator tersebut.

"Ini juga termasuk dengan memastikan bahwa hazard report yang disampaikan personel benar-benar dapat diakses langsung oleh pejabat yang bertanggungjawab," tutur Polana.

Rekomendasi tersebut pun akan dilakukan dalam kurun waktu tiga bulan ke depan yakni hingga Januari 2020 dengan pertimbangan waktu yang diperlukan bagi Lion Air.

"Dengan pertimbangan waktu yang diperlukan bagi Lion Air untuk menyiapkan atau memperbaiki sistem yang ada terkait dengan pembaharuan dan sinkronisasi manual," pungkasnya. [obi]

from RMOLBanten.com https://ift.tt/2ozWi6v
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rekomendasi KNKT, Lion Air Harus Tindak Lanjuti Dalam Tiga Bulan"

Posting Komentar