Kasihan, Siswa Madrasah Di Serang Belajar Di Lantai

RMOLBANTEN. Berdiri sejak tahun 1980 Madrasah Diniyyah Takmiliyah (MDT) Tarbiyatul Athfal terus mengalami pasang surut pendidikan akibat sarana dan prasarana yang tidak memadai.

Sempat memiliki gedung kelas dan diminati oleh masyarakat sebagai tempat belajar agama sejak masih berada dalam naungan Kabupaten Serang.

Namun, sejak beralih secara administrasi ke Kota Serang dan tergusurnya ruang kelas oleh pembangunan masjid pada tahun 2009 memaksa tempat belajar pun jadi berpindah-pindah.

Berlokasi di kampung Manggerong, Kelurahan Sawah Luhur, Kota Serang ini saat ini harus belajar dengan beralaskan lantai di rumah milik pak ustad Nasihin sekaligus pemilik madrasah.

"Berdiri sudah ada sekitar 30 tahun. Pernah punya gedung tapi karena pelebaran masjid jadi dipindah, pernah juga bikin kelas dari bambu cuma gak bertahan lama," ujar Kepala MDT Tarbiyatul Athfal Ustadz Nasihin ditemui di lokasi, Kamis (6/2).

Saat ini Kata Nasihin, pelataran yang digunakan untuk belajar madrasah juga digunakan sebagai majlis ta'lim bagi ibu-ibu setiap minggunya.

"Jadi sekarang gak punya gedung madrasah, murid pun berkurang dari dulu pas ada kelas sekitar 100 orang, sekarang tersisa jadi 50 murid," katanya.

Sementara untuk tenaga pengajar dikatakan Ustad Nasihin, saat ini ada tiga tenaga pengajar. Setiap 6 bulan sekali ada dana operasional dari Kemenag diperuntukan untuk tenaga pengajar ini.

"Karena kurang fasilitas banyak anak yang belajar madrasah di kemayungan Kabupaten Serang. Dulu waktu masih kabupaten Serang pernah ngajuin cuma gak besar cuma Rp 4 Juta tapi kalau dari kota mah belum," ujarnya.

Dirinya berharap Pemkot Serang agar memperhatikan pendidikan Diniyah sebagai pondasi agama bagi masyarakat.

Sementara itu Anggota Komisi II DPRD Kota Serang Ari Winanto menuturkan agar madrasah itu tersentuh pihaknya mendorong agar Raperda Diniyah ini segera di perdakan.

"Agar eksekutif itu jeli, supaya madrasah itu tersentuh, padahal dana ada, sekarang ini kan karena tidak ada cantolan maka tidak terserap. Insya Allah Minggu cek ke Lokasi," tutupnya. [ars]

from RMOLBanten.com https://ift.tt/2ueUgvG
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kasihan, Siswa Madrasah Di Serang Belajar Di Lantai"

  1. ayo menangkan uang setiap harinya di agen365*com
    WA : +85587781483

    BalasHapus