Pimpinan DPR Minta Pemerintah Segera Selesaikan Harga PCR Murah Untuk Rakyat

RMOLBANTEN Harga swab test di sejumlah rumah sakit saat ini cukup tinggi yaitu antara Rp. 1,5 juta hingga Rp. 2,5 juta per tes. Pemerintah dituntut untuk segera menyelesaikan formulasi harga tes polymerase chain reaction (PCR) agar bisa dijangkau masyarakat.

Hal itu ditegaskan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (1/10).

"Dalam waktu dekat, DPR mengharapkan sudah ada terobosan (formulasi) dan kita tunggu (hasil formulasi)," terang Dasco.

Legislator asal Tangerang Raya ini menilai harga tes PCR yang berlaku saat ini memberatkan masyarakat. Terutama bagi mereka yang ingin menjalani perawatan di RS. Calon pasien diwajibkan melakukan swab test sebelum menjalani perawatan.

Supaya tidak simpang siur, Ketua Harian Partai Gerinda ini berharap formulasi harga PCR tersebut segera dirilis. Sehingga, kajian pemerintah membuat harga PCR lebih murah menjadi transparan.

"Dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat dan tidak merugikan pengusaha yang ada," demikian Sufmi Dasco Ahmad.

Sebelumnya, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengeluhkan harga tes PCR. Dalam rapat kerja Komisi VIII DPR pada 3 September 2020, dia menyebut tarif tes PCR yang dipatok sejumlah RS mencapai Rp 2,5 juta per spesimen. Harga tersebut dinilai terlalu tinggi karena modal tes usap tersebut hanya Rp 500 ribu.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini sudah menerima perkiraan harga tes usap untuk dijadikan standar.

"Kami sampaikan bahwa BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) telah memberikan estimasi harga untuk yang sifatnya kontraktual sebesar Rp. 439.000 per spesimen sedangkan untuk yang sifatnya mandiri, usulan dari BPKP adalah Rp. 797.000," ungkap Doni, di Kantor BNPB, di Jakarta, Senin (28/9). [ars]

from RMOLBanten.com https://ift.tt/3jlOFrv
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pimpinan DPR Minta Pemerintah Segera Selesaikan Harga PCR Murah Untuk Rakyat"

Posting Komentar