Investasi Konstruksi dan Sawit, Peluang Seksi di Panama

RMOLBANTEN. Panama memiliki peran penting dan strategis bagi Indonesia. Dubes RI untuk Panama, Sukmo Harsono menilai, kalangan bisnis kedua negara harus berinvestasi.

"Proyek-proyek kontruksi adalah peluang yang bagus bagi BUMN nasional untuk ikut tender di Panama, Kosta Rica, Honduras, maupun Nicaragua," ungkap Sukmo kepada wartawan melalui pesan tertulis elektronik, Senin (30/12).

Namun, jarak tempuh antara Indonesia - Panama, menjadi kendala Business to Business (B to B) kedua negara. Ditambah pandemi Covid-19 yang ikut menghambat terealisasinya hal tersebut.

"Saya yakin setelah Pandemi Covid-19 berakhir, jika berbagai usaha termasuk UKM berani pameran dagang di Panama maka potensi marketnya akan terbuka lebar," urai Waketum Partai Bulan Bintang itu.

Sukmo menambahkan, selain proyek konstruksi, sektor pariwisata termasuk perlu dipromosikan oleh kedua negara. Begitu juga dengan komoditi lainnya dari hasil bumi. "Salah satu peluang seksi lainnya adalah masuk berinvestasi lahan sawit di Panama," jelasnya.

Menurut Sukmo, Panama menjadi salah satu negara yang memiliki akses pasar di Amerika Tengah hingga Karibia. Karena memiliki pintu masuk jalur perdagangan melalui Terusan Panama.

"Secara politik Indonesia bisa mendapat dukungan dalam forum-forum internasional. Dimana Indonesia ingin menjadi anggota atau ketua dari badan dan organisasi internasional, begitu juga sebaliknya," demikian Sukmo. [tsr]

from RMOLBanten.com https://ift.tt/3mmhdCX
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Investasi Konstruksi dan Sawit, Peluang Seksi di Panama"

Posting Komentar