Pangdam III Siliwangi Kunjungi Lokasi Pembuatan Kapal Babinsa Merah Putih di Pandeglang

PANDEGLANG – Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto melakukan kunjungan langsung ke lokasi pembuatan Kapal Babinsa Merah Putih di Kampung Pagedongan, Desa Sukajadi, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Jumat (6/11/2020).

Sebelum melakukan kunjungan ke lokasi pembuatan kapal merah putih, Pangdam beserta rombongan terlebih dahulu menyempatkan untuk melakukan gowes sepeda bersama yang dimulai dari lokasi penginapan yang berada di Kampung Sangyang, Desa Sukarame, Kecamatan Carita hingga finish di Kampung Cipanon, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang.

Dalam kesempatan itu, Komandan Kodim 0601/Pandeglang, Letkol Kav Dedi Setiadi menyampaikan, pembuatan kapal Ferrocement adalah dalam rangka menyiapkan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara khususnya di pantai dan membantu Pemda dalam meningkatkan kesejahteraan serta memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat.

Kata Dedi, luasnya sektor wilayah pantai di Kodim 0601/Pandeglang dengan jumlah 370 KM sehingga Babinsa perlu memiliki kapal patroli dalam rangka menangkal serta meminimalisir terjadinya upaya mafia monopoli ikan yang merugikan kepada nelayan pesisir.

“Pembuatan kapal tersebut dilakukan oleh Babinsa secara bergantian dibantu Prabinsa, sampai saat ini pembuatan kapal tersebut di wilayah Korem baru ada di Kodim Pandeglang,” kata Dedi saat memberikan laporan pada Pangdam.

Adapun ukuran kapal yang dibuat berdiameter 10 x 3 meter membutuhkan waktu selama 6 bulan, namun untuk pembuatan kapal ferrocement hanya membutuhkan waktu selama 21 hari dengan berat 3 ton dan daya muat 2 ton serta mesin diesel dengan kecepatan 8 knot.

“Dalam pelaksanaan pembuatan kapal tersebut mengerahkan anggota sebanyak 50 personel dari seluruh Kodim di bawah jajaran Korem 064/Maulana Yusuf,” ucapnya.

Sementara itu, Pangdam III Siliwang sangat apresiasi sekaligus merasa bangga kepada para Babinsa yang telah berhasil menyelesaikan pembuatan Kapal Ferrocement dengan waktu 21 hari.

“Keberhasilan para Babinsa membuat Kapal Ferrocement yang diberi nama Kapal Babinsa Merah Putih dengan relatif murah dapat dijadikan percontohan oleh nelayan dan diharapkan membantu Korem 064/ MY dalam meningkatkan ketahanan laut,” jelasnya.

Pangdam juga berharap pada pemerintah dan unsur lain agar mendukung program pembuatan Kapal Babinsa Merah Putih supaya kapal tersebut dapat dibuat secara massal ke depannya.

“Saya berharap kegiatan ini dapat ditindaklanjuti oleh seluruh instansi terkait dalam memfasilitasi pengembangan selanjutnya, serta para pelaku usaha dengan cara memberikan sebagian CSR perusahaannya sehingga pembuatan Kapal Babinsa Merah Putih kebdepannya dapat diproduksi secara massal,” harapnya. (Med/Red)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pangdam III Siliwangi Kunjungi Lokasi Pembuatan Kapal Babinsa Merah Putih di Pandeglang"

Posting Komentar