Ratusan Warga Kota Serang Terjangkit DBD, Empat Meninggal Dunia

RMOLBANTEN. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang meminta kepada masyarakat untuk mewaspadai penyakit yang biasa datang di musim penghujan.

Penyakit itu diantaranya Demam Berdarah Dengue, Diare dan penyakit yang disebabkan kencing tikus atau leptospirosis.

Kasi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, Muhammad Affan mengatakan di musim penghujan ini penyakit DBD mesti diwaspadai.

"Meski pun sekarang lagi Pandemi Covid-19, tapi itu tadi demam berdarah perlu diwaspadai," katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (3/10).

Dikatakan Affan sejak Januari hingga Oktober tahun 2020 ini, sudah ada sekitar 251 warga yang terjangkit DBD dan 4 orang meninggal akibat penyakit tersebut.

Untuk sebaran DBD di Kota Serang, ada di daerah padat penduduk terutama di Kecamatan Serang. Jadi nyamuk itu mengincar wilayah dengan kepadatan penduduk.

"Untuk penyebarannya sendiri, demam berdarah biasanya menyebar di kawasan yang padat penduduk, drainase yang kurang baik sama di daerah perkotaan," ujarnya.

Untuk itu, ia mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan dan menghindari terjadinya genangan air agar penyakit tidak muncul menyerang tubuh.

Masyarakat, kata Affan untuk selalu menerapkan 3 M mulai dari membersihkan tempat yang jadi sarang nyamuk, bersihkan kamar mandi seminggu dua kali supaya tidak muncul jentik nyamuk.

"Kemudian sampah-sampah dibersihkan terutama sampah plastik jangan dikubur, kan plastik itu tidak terurai sebaiknya di daur ulang, intinya 3 M," ujar Affan.

Meski di masa pandemi Covid-19, Dinkes Kota Serang berupaya untuk melakukan pengendalian dan pencegahan DBD.

Dengan mengefektifkan program GIRIJ (Gerakan Satu Rumah Satu Jumantik) dengan memberdayakan keluarga dan masyarakat dibantu oleh kader kesehatan.

"Jadi kita memberdayakan keluarga Kalau dulu kan kader sama sama petugas, kalau sekarang diambil satu warga atau keluarga, kader tetap ada tapi yang memantau keluarga yang di rumah," ujarnya. [ars]


from RMOLBanten.com https://ift.tt/2I4ei28
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ratusan Warga Kota Serang Terjangkit DBD, Empat Meninggal Dunia"

Posting Komentar