Berat Badan Naik Setelah Lebaran? Ini Penyebab dan Cara Menurunkannya

SERANG – Pasca puasa Ramadan selama 30 hari, banyak orang mengeluhkan berat badannya yang cenderung naik setelah lebaran. Lalu, apa sebenarnya penyebab utama berat badan naik drastis ketika lebaran? Salah satu penyebab utama berat badan naik setelah lebaran adalah perubahan pola makan yang drastis setelah 30 hari berpuasa, di mana pola makan cenderung teratur dan tidak berlebihan.

Ketika lebaran, banyak orang cenderung untuk mengonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan seperti makanan dan minuman tinggi kalori, manis, berbagai macam kue dan makanan bersantan yang dihidangkan ketika lebaran. Lalu, bagaimana cara menurunkan berat badan setelah lebaran? Berikut adalah tipsnya.

1. Kembali berpuasa

Tubuh akan lebih mudah menyesuaikan kembali dengan kondisi puasa seperti Ramadan ketika dilaksanakan tidak lama setelah lebaran. Puasa syawal atau mengganti puasa yang batal hingga puasa rutin Senin dan Kamis dapat dilakukan untuk mengurangi berat badan yang naik secara berlebih pasca lebaran. Kembali berpuasa juga akan lebih mudah, karena

2. Jalankan pola makan sehat dan seimbang

Kontrol asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi setelah lebaran. Baik makanan dan minuman berkalori tinggi dan manis berlebih. Sebaiknya, makanlah makanan dengan tinggi serat dan protein. Jangan lupa untuk mengonsumsi buah dan perbanyak minum air mineral dibandingkan dengan minuman manis lainnya khususnya minuman kemasan. Panduan kaidah “Isi Piringku” yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan juga dapat dilakukan yaitu dalam satu piring terdiri dari 50 persen buah dan sayur, 50 persen sisanya adalah karbohidrat dan protein.

3. Rutin berolahraga

Rutinkan kembali berolahraga baik di gym maupun di rumah. Kardio juga menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Lari atau berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya jika dilakukan secara rutin akan membantu proses penurunan berat badan. Akan lebih baik lagi apabila dilakukan di gym sehingga otot tubuh dapat terbentuk dengan baik.

4. Kurangi camilan

Camilan seperti kue-kue kering lebaran yang terdiri dari nastar, putri salju, dan lainnya memiliki kalori dan gula yang tinggi. Sebaiknya, mengurangi camilan atau menggantinya dengan memakan buah-buahan segar, sayur atau protein bar yang dapat mengenyangkan lebih lama dengan kalori rendah.

(Ril/Red)

The post Berat Badan Naik Setelah Lebaran? Ini Penyebab dan Cara Menurunkannya first appeared on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berat Badan Naik Setelah Lebaran? Ini Penyebab dan Cara Menurunkannya"

Posting Komentar