IMC Nilai Akses Keterbukaan Informasi Publik di Pemkot Cilegon Buruk

CILEGON – Ketua Ikatan Mahasiswa Cilegon (IMC), Arifin Solehudin menilai akses informasi publik di Pemkot Cilegon buruk. Ini lantaran untuk mengakses informasi di pemerintahan setempat sangat sulit.

“Kami sangat menyesalkan di usia Cilegon 24 tahun ini, Pemkot Cilegon masih terbilang tertutup dalam hal keterbukaan informasi,” ujar Arifin, Jumat (28/4/2023).

Dia mengungkapkan ketika pihaknya hendak mendapatkan informasi untuk kepentingan publik ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masih sangat sulit untuk mendapatkan data. Bahkan mayoritas OPD terbilang tertutup.

“Mayoritas OPD itu kalau dimintai data untuk kepentingan publik itu sulit. Kami menilai keterbukaan informasi di Cilegon masih buruk,” tandasnya.

Padahal, kata dia, Pemkot Cilegon di kepemimpinan Helldy Agustian dan Sanuji Pentamarta punya slogan modern dan Bermartabat.

“Jadi Cilegon kalau saat ini Cilegon katanya modern, dilihat dari mananya, kita mendapatkan informasi saja sulit, seharusnya kalau sudah modern keterbukaan informasi publik itu mudah diakses masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Cilegon, Didin S Maulana menyatakan sesuai arahan Walikota Cilegon, Helldy Agustian informasi publik di Pemkot Cilegon tidak boleh ada yang dtutupi.

“Informasinya apa dulu jenisnya, kan kalau kita kan ada tiga jenis informasi ya, kalau informasi untuk penelitian pasti kita kasih, tidak kita persulit, kan ada data yang dikecualikan, ada serta merta dan ada yang memang diinformasikan, data apa yang sulit itu, biar kita juga bisa menegur OPD,” ucapnya.

Menurutnya, sesuai instruksi walikota seluruh informasi publik tidak boleh tidak diinformasikan.

“Kalau saya sesuai instruksi Walikota saja waktu sosialisasi ke OPD, data itu harus diinformasikan ke masyarakat, transparansi, tidak boleh ada yang ditutupi. Kalau ada OPD yang susah kasih data, kasih tahu ke saya, kecuali ada data yang dikecualikan, itu tidak boleh, kan ada aturannya, kalau data publik bisa. Kita siap menegur OPD terkait melalui Walikota bila masih ada OPD yang sulit diminta data publik,” ujarnya.

(Man/Red)

 

The post IMC Nilai Akses Keterbukaan Informasi Publik di Pemkot Cilegon Buruk first appeared on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "IMC Nilai Akses Keterbukaan Informasi Publik di Pemkot Cilegon Buruk"

Posting Komentar