Sejarah Hari Buruh Internasional, Bermula dari Kerusuhan Pekerja vs Polisi

SERANG –  Setiap 1 Mei, masuk daftar tanggal merah atau hari libur. Pada tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Buruh atau May Day oleh masyarakat Internasional. Hal ini pun mengundang tanya mengenai sejarah Hari Buruh internasional.

Diketahui, peringatan hari Buruh 1 Mei ini menjadi salah satu peristiwa bersejarah dalam catatan perjuangan para buruh di dunia, termasuk Indonesia. Ya, Hari Buruh ini memiliki catatan sejarah panjang.

Lantas, bagaimana sejarah Hari Buruh Internasional? Untuk selengkapnya, simak berikut ini sejarahnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Sejarah Hari Buruh Internasional

Hari buruh internasional yang diperingati tanggal 1 Mei ini sebelumnya diperingati sebagai hari perubahan musim di bagian utara belahan bumi.

Namun, peringatan tersebut kemudian berubah sejak meledaknya demonstrasi besar-besaran pada 1 Mei abad 19  yang dilakukan kaum buruh di AS yang menuntut hak jam kerja.

Tanggal 1 Mei pun dipilih untuk mengenang peristiwa kerusuhan Haymarket tahun 1886. Pada 1 Mei tersebut, setidaknya 300.000 buruh melakukan aksi unjukrasa atau demonstrasi dengan mogokan bekerja untuk menuntut hak-hak buruh.

Adapun salah satu tuntutan dalam demonstrasi tersebut yaitu diberlakukannya jam kerja 8 jam per hari. Pasalnya, pada masa itu para buruh bekerja dengan jam kerja mencapai 10-16 jam per hari. Pada masa itu, kematian di kalangan buruh juga seolah menjadi hal biasa.

Pada akhir 1880-an, para buruh pun melakukan aksi demonstrasi besar-besaran di Haymarket. Mulanya demonstrasi berlangsung kondusif, namun kemudian terjadi bentrok antara polisi dan pekerja pada tanggal 3 Mei di McCornick Reaper Works.

Selang satu hari, demonstrasi masih berlansung yang terjadi Lapangan Haymarket. Aksi demonstrasi kali ini sebagai bentuk protes atas pembunuhan yang dilakukan polisi.

Aksi demonstrasi tersebut langsung dibubarkan polisi. Namun tiba-tiba ada yang melemparkan bom ke barisan polisi sehingga kekacauan pun semakin menjadi-jadi. Peristiwa tersebut memakan korban jiwa 7 polisi dan 8 warga sipil.

Pada tahun 1889, digelar pertama kali kongers  di Paris oleh The International Socialist Conferences guna memperingati peristiwa kericuhan 1880 di Haymarket Chicago

Peringatan tersebut kemudian dijadikan sebagai dasar peringatan Hari Buruh Internasional atau yang disebutkan juga International Worker Day atau dikenalnya juga sebagai May Day.

Demikian ulasan mengenai sejarah Hari Buruh Internasional yang diperingati setiap tanggal 1 Mei dan dijadikan Hari Libur Nasional. Semoga informasi ini bermanfaat!

(Red/suara.com)

The post Sejarah Hari Buruh Internasional, Bermula dari Kerusuhan Pekerja vs Polisi first appeared on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Hari Buruh Internasional, Bermula dari Kerusuhan Pekerja vs Polisi"

Posting Komentar