Puan Sebut Cawapres Ganjar Pranowo Bakal Diumumkan Awal November 2023

SERANG – Ketua Umum DPP PDI, Perjuangan Puan Maharani menyatakan bahwa pihaknya bakal mengumumkam pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres dan cawapres) yang akan diusung pada awal November mendatang.

Puan mengemukakan, pengumuman paslon itu dilakukan bersamaan dengan pengumuman daftar caleg tetap (DCT). Diketahui, saat ini PDIP sudah menetapkan capres lebih dulu, yakni Ganjar Pranowo. Artinya pada November mendatang, PDIP akan melengkapi paslon yang diusung dengan mengumumkam siapa pendamping Ganjar.

“November tanggal 4 itu, InsyaAllah, kita akan mengumumkan siapa capres dan cawapres, beserta daftar DCT (daftar caleg tetap) bagi semua bacaleg yang sekarang namanya ada,” kata Puan usai bertemu Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Widya Chandra, Jakarta Selatan, Kamis (27/7/2023).

Adapun alasan pengumuman dilakukan pada awal November lantaran PDIP tidak ingin tergesa-gesa dalam menetapkan pasangan calon.

Puan kembali menegaskan soal tenggat waktu pengumuman cawapres Ganjar tersebut ketika dirinya usai bertemu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Jalan Tirtayasa Raya, Jakarta Selatan.

“Dinamika politik ini tentu harus tetap berjalan, sampai nanti pada waktunya kita akan umumkan capres-cawapres pada bulan November. Waktunya masih panjang, yang penting silaturahmi,” ujar Puan melansir suara.com (jaringan BantenNews.co.id)

Sebelumnya, PDIP sudah mengerucutkan kandidat calon wakil presiden untuk Ganjar Pranowo dari 10 menjadi lima nama. Kekinian Puan mengatakan nama-nama tersebut masih ada kemungkinan bertambah maupun berkurang.

“Bisa nambah, bisa berkurang,” kata Puan di kediaman Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Kamis (27/7/2023).

Menurut Puan bertambah atau berkurangnya nama kandidat cawapres Ganjar didasarkan kepada beberapa pertimbangan. Pasalnya semua kandidat yang ada tentu memiliki kelebihan masing-masing yang berbeda.

Puan mengatakan perlu ada kesamaan visi antara cawapres terpilih dengan Ganjar.

“Karena kita juga mempertimbangkan semua aspek, yang ini baik, yang ini bagus, yang ini apik. Tapi mana yang kemudian mempunyai visi yang sama dengan bacapres PDI Perjuangan Pak Ganjar. Apakah kemudian bisa sama cita-citanya dengan PDI Perjuangan dan lain-lain,” tutur Puan.

Lima Kandidat Cawapres Ganjar

Puan mengemukakan bahwa nama bacawapres yang akan mendampingi Ganjar Pranowo sudah mengerucut kepada lima nama.

Sebelumnya diberitakan, Puan pernah menyebut ada 10 nama yang akan dipilih untuk mendampingi Capres Ganjar Pranowo. Kemudian saat ini, ia memastikan sudah mengerucut menjadi lima nama.

Puan mengatakan dari lima nama yang mengerucut tersebut salah satunya ada nama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

“Sekarang sudah mengerucut lima nama. Salah satunya Cak Imin,” terang Puan, Minggu (23/7/2023).

Puan menjelaskan selain Cak Imin ada nama-nama seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Mantan Panglima TNI Andika Perkasa, Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Pak Sandiaga, Pak Erick, Pak Andika, Mas AHY, Cak Imin. Mantap semua kan,” ungkap dia.

Menurutnya komunikasi dengan berbagai partai terus dilakukan salah satunya dengan PKB. Puan bahkan menyebut bahwa dari dulu PDIP dan PKB itu seperti saudara. Di mana selalu bersilahturahmi, hingga selalu berusaha mencocokan visi dan misi.

“Ini sudah dimulai sejak zaman Bung Karno yang menjalin komunikasi dengan NU,” katanya.

Putri Ketum PDIP Megawati Sukarnoputri ini masih berharap agar PKB bersama PDIP. Meski saat ini PKB sudah berkoalisi dengan Partai Gerindra, bahkan disebut sebagai cawapres dari Capres Prabowo Subianto.

“Saya masih berharap, PKB masih bersama PDIP. PKB dan PDIP nempel kayak saudara,” katanya.

(Red)

The post Puan Sebut Cawapres Ganjar Pranowo Bakal Diumumkan Awal November 2023 first appeared on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Puan Sebut Cawapres Ganjar Pranowo Bakal Diumumkan Awal November 2023"

Posting Komentar