Ini Gejala dan Obat Asam Lambung yang Alami

SERANG – Asam lambung terjadi ketika asam dari lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan gejala mulas. Beberapa perubahan gaya hidup dapat membantu meringankan gejala asam lambung, tetapi beberapa orang memerlukan obat-obatan. Untuk selengkapnya, berikut ini obat asam lambung.

Over the counter (OTC) dan obat resep memiliki peran penting dalam membantu meringankan gejala asam lambung. Lantas, apa obat asam lambung? Mari simak berikut ini penjelasannya yang dilansir dari suara.com (jaringan BantenNews.co.id).

Sebelum membahas mengenai obatnya, mari simak terlebih dulu gejala apa saja yang disebabkan oleh asam lambung. Menurut American College of Gastroenterology (ACG), orang dengan asam memiliki rasa tidak nyaman yang membakar di dada dan di belakang tulang dada.

Ketidaknyamanan bisa naik ke leher dan tenggorokan. Beberapa orang mungkin juga mengalami rasa pahit atau asam di mulut mereka.

Gejala asam lambung ini dapat berlangsung selama beberapa jam. Bagi sejumlah orang, gejala memburuk usan makan, namun bagi sejumlah orang lainnya mungkin alami gejala sebelum makan.

Gejala asam lambung sesekali adalah normal, tetapi gejala yang sering terjadi lebih dari dua kali per minggu mungkin disebabkan oleh kondisi yang lebih parah yang dikenal sebagai penyakit refluks gastroesofageal (GERD).

Jika Anda tidak terlalu menyukai obat-obatan medis, Anda bisa mencoba pengobatan alami. Adapun beberapa obat asam lambung alami yakni sebagai berikut.

1. Soda kue yang dilarutkan dalam air

Larutan soda kue dapat membantu meringankan gejala asam lambung. Namun, itu bisa berbahaya bagi kesehatan jantung.Minum terlalu banyak larutan soda kue untuk asam lambung dapat mengubah keseimbangan asam-basa dalam darah. Jadi, pastikan Anda mengonsumsinya tidak berlebihan.

2. Jahe

Beberapa orang melaporkan menggunakan jahe untuk meredakan berbagai kondisi pencernaan, seperti mual, diare, dan kehilangan nafsu makan. Sebuah penelitian sistematis dalam Jurnal Nutrisi menunjukkan bahwa jahe dapat membantu meringankan mual dan muntah yang berhubungan dengan kehamilan.

Peneliti perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat jahe, jenis jahe apa yang paling bermanfaat, dan dosis apa yang paling baik untuk meredakan asam lambung.

3. Rikkunshito

Rikkunshito adalah obat herbal Jepang yang digunakan beberapa orang untuk meredakan gejala asam lambung. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa rikkunshito dapat membantu mengobati asam lambung pada beberapa anak dan remaja. Namun, para peneliti perlu melakukan lebih banyak penelitian untuk memastikan keamanan dan kemanjuran obat ini.

Demikian informasi mengenai obat asam lambung alami. Jika pengobatan Anda tidak ampun untuk mengatasi asam lambung, sebaiknya segera pergi ke dokter agar bisa mendapatkan perawatan yang tepat.

(Ril/Red)

The post Ini Gejala dan Obat Asam Lambung yang Alami first appeared on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Gejala dan Obat Asam Lambung yang Alami"

Posting Komentar