Ini Survei Terbaru Elektabilitas Figur Capres Jelang Pilpres 2024

SERANG – Lembaga survei Polstat Indonesia merilis hasil survei terbaru soal elektabilitas figur bakal calon presiden (Capres) jelang Pilpres 2024.

Melansir suara.com (jaringan BantenNews.co.id), Rabu (9/8/2023), hasilnya nama Prabowo Subianto dalam survei ini unggul dari Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Survei dilakukan dengan simulasi tiga nama calon presiden yakni Prabowo, Ganjar dan Anies. Responden ditanyakan pertanyaan terkait pilihannya jika Pilpres digelar hari ini dengan diikuti oleh 3 figur tersebut maka siapa yang akan dipilih.

Hasilnya Prabowo berada di atas dengan angka 41,2 persen, kemudian di urutan ke dua ada nama Ganjar dengan angka 27 persen dan Anies di urutan paling buncit dengan angka 26,9 persen.

Adapun dalam survei ini 4,7 persen responden menyatakan belum punya pilihan (undecided).

Sementara itu dalam simulasi head to head atau saling berhadapan antara ketiga tokoh tersebut, hasilnya Prabowo menang melawan dua tokoh.

Pertama Prabowo berhadapan dengan Ganjar, Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu memperoleh angka 53,5 persen, dan Ganjar dengan angka 34,7 persen. Sisanya 11,8 persen mengaku belum punya pilihan.

Sementara itu ketika Prabowo dihadapkan dengan Anies Baswedan, hasilnya Prabowo masih unggul dengan angka 56,6 persen, dan Anies 33,6 persen.

Untuk diketahui Survei Polstat Indonesia kali ini dilakukan pada tanggal 28 Juli sampai dengan 4 Agustus 2023 di seluruh wilayah Republik Indonesia yang terdiri dari 34 provinsi.

Populasi survei ini adalah seluruh penduduk Indonesia yang minimal sudah berusia 17 tahun dan memiliki E-KTP.

Jumlah sampel sebesar 1200 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multi-state random sampling).

Batas kesalahan (margin of error)+/- 2,8% dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka langsung dengan responden berpedoman kuesioner.

(Ril/Red)

The post Ini Survei Terbaru Elektabilitas Figur Capres Jelang Pilpres 2024 first appeared on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Survei Terbaru Elektabilitas Figur Capres Jelang Pilpres 2024"

Posting Komentar