Dinsos Kabupaten Serang Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana

KAB. SERANG – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Serang menyiapkan bantuan logistik hingga pelatihan kampung siaga bencana pada tahun 2023. Langkah tersebut yakni dalam rangka persiapan serta pelaksanaan penanganan korban bencana.

Kepala Dinsos Kabupaten Serang, Subur Priyatno mengatakan dalam persiapan penanganan korban bencana, pihaknya telah melakukan kegiatan diantaranya pengadaan logistik bencana berupa bahan sandang dan pangan. Bantuan itu disalurkan kepada 922 kepala keluarga (KK) korban bencana yang tersebar di Kabupaten Serang.

“Selama tahun 2023 juga Dinas Sosial Kabupaten Serang telah melakukan penanganan korban bencana berupa pemberian bantuan bahan pangan dan sandang kepada para korban bencana yang tersebar di Kabupaten Serang,” ujarnya.

Penyaluran bantuan tersebut merupakan langkah perlindungan sosial untuk mencegah dan menangani risiko dari guncangan serta kerentanan sosial bagi korban bencana.

Pemberian bantuan korban bencana kebakaran di Kecamatan Baros

Subur menyebutkan, peran aktif para relawan yang tergabung dalam Taruna Siaga Bencana (TAGANA) dalam melaksanakan evakuasi dan dukungan tenaga bersama stakeholder terkait juga sangat diperlukan baik pada saat terjadi bencana maupun pasca kejadian bencana.

“Kegiatan lainnya melaksanakan kegiatan pelatihan kampung siaga bencana dan rapat koordinasi TAGANA yang merupakan salah satu Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang menangani korban bencana di lapangan,” ucapnya.

Berdasarkan data rekapitulasi penanganan korban bencana yang dilakukan Dinsos Kabupaten Serang, terdapat 922 KK yang terdampak bencana dengan jumlah anggota rumah tangga sebanyak 1.382 jiwa.

Jumlah itu tersebar di 24 kecamatan yang berada di Kabupaten Serang. Jenis bencana yang dialami pun beragam mulai dari kebakaran, korban tertimpa pohon hingga rumah roboh. (ADV)

The post Dinsos Kabupaten Serang Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana first appeared on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dinsos Kabupaten Serang Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana"

Posting Komentar