Sempat Kosong, Dinsos Pandeglang Kembali Isi Logistik di Lumbung Sosial

PANDEGLANG – Dinas Sosial (Dinos) Kabupaten Pandeglang kembali mengisi stok logistik dasar di Lumbung Sosial (Lumsos) setelah sebelumnya sempat terjadi kekosongan lantaran kehabisan cadangan. Dinsos mengisi stok di 8 Lumsos dari 15 Lumsos yang dimilikinya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang Sutoto mengatakan, 8 Lumsos yang kembali diisi diantaranya Kecamatan Angsana, Sukaresmi, Patia, Pagelaran, Cikeusik, Labuan, Cimanuk dan Kecamatan Mandalawangi.

“Jumlah Lumbung Sosial yang stok logistik bantuan bencana kosong itu semuanya sebanyak 15 Lumbung Sosial. Dan kini sebagai sudah diisi,” kata Sutoto, Senin (22/1/2024).

Sutoto mengaku stok logistik yang saat ini dikirim ke Lumsos merupakan bantuan dari Kementrian Sosial (Kemensos) dan bantuan dari Pemerintah Provinsi Banten berupa stok beras bagi para korban bencana dan keluarga penerima bantuan sosial.

“Stok logistik untuk Lumsos ini sangat dibutuhkan untuk mempercepat penyaluran bantuan kepada korban bencana atau keluarga penerima manfaat. Jadi tidak lagi harus menunggu bantuan dari kabupaten tapi bisa langsung disalurkan dari Lumsos yang ada di tingkat kecamatan,” terangnya.

Ia mengaku pada saat bencana angin yang menyebabkan puluhan rumah rusak akibat tertimpa pohon kemarin, pihaknya menyalurkan bantuan sosial langsung dari Dinas Sosial bukan dari Lumsos lantaran stok di Lumsos habis. Namun kata dia, sebelum stok di Lumsos habis para korban bencana biasanya diberikan Bansos dari stok Lumsos.

“Waktu kemarin juga kita salurkan bantuan logistik kepada korban bencana tertimpa pohon tumbang, angin kencang dan termasuk kepada korban bencana longsor. Kita langsung salurkan dari Dinas Sosial karena memang waktu itu secara kebetulan bantuan dari pusat dan provinsi sudah turun sementara stok logistik di Lumsos masih kosong,” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Perlindungan Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang, Iik Ihromni menambahkan, bantuan logistik yang dikirim ke Lumsos ini nantinya akan dikelola oleh Relawan Kampung Siaga Bencana (KSB) sebagai pengelola Lumsos.

“Bantuan logistik Lumsos berupa beras, lauk pauk, kids werd, kasur lipat, mie instan, tenda famli, selimut, dan family kit. Untuk sementara lumbung yang diisi itu Kecamatan Angsana, Sukaresmi, Patia, Pagelaran, Cikeusik, Labuan, Cimanuk dan Kecamatan Mandalawangi,” tutupnya. (Med/Red)

 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sempat Kosong, Dinsos Pandeglang Kembali Isi Logistik di Lumbung Sosial"

Posting Komentar