9 Kecamatan di Kabupaten Lebak Dilanda Bencana, Puluhan Rumah dan Infrastruktur Rusak

LEBAK – Hujan deras yang disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Lebak, mengakibatkan puluhan rumah dan infrastruktur yang tersebar di 9 Kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten, mengalami kerusakan.

Kepala BPBD Lebak, Febby Rizki Pratama mengatakan, berdasarkan dari hasil pendataan ada sekitar 60 rumah yang tersebar di 9 kecamatan yakni Kecamatan Bayah, Cihara, Malingping, Wanasallam, Cibeber, Cijaku, Banjarsari, Cigemblong, dan Gunungkencana, mengalami kerusakan sedang dan rusak berat.

“Kerusakan yang paling banyak ada di Kecamatan Malingping, sekitar 27 rumah warga yang mengalami kerusakan. Bukan hanya rumah, satu sarana ibadah juga mengalami kerusakan akibat diterpa angin kencang, dan akses jalan terhambat oleh pohon tumbang,” kata Febby saat dihubungi, Rabu (13/3/2024).

Ia mengungkapkan, selain di Kecamatan Malingping, 2 rumah yang mengalami kerusakan berada di Kecamatan Bayah karena banjir rob, 1 rumah di Kecamatan Cibeber karena tertimpa tiang listrik, 8 rumah terdampak angin kencang di Gunungkencana, 1 rumah di Cijaku, 1 rumah di Cihara, 3 rumah di Cigemblong, 9 rumah di Wanasallam, dan 1 rumah di Banjarsari.

“Total keseluruhan ada 53 rumah yang mengalami kerusakan. Sedangkan, untuk insfrastruktur yang rusak ada 4 unit diantaranya, akses jalan, sarana ibadah, dan kantor Desa,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, tindakan yang akan dilakukan adalah mengirimkan bantuan kepada korban bencana, dan mengajukan perbaikan bagi rumah yang rusak.

“Besok, pihaknya akan mengirimkan bantuan ke deerah yang terdampak. Sedangkan untuk rumah yang rusak parah akan diajukan kepada pihak terkait,” imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk kerugian, masih proses penghitungan. Tapi dipastikan dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

“Data rumah yang rusak sudah final ya, untuk kerugian masih kami kalkulasikan, semoga tidak bertambah lagi,” ucapnya. (San/Red)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Kecamatan di Kabupaten Lebak Dilanda Bencana, Puluhan Rumah dan Infrastruktur Rusak"

Posting Komentar