KPU Siapkan 2 Mekanisme Pengundian Nomor Urut Paslon Pilgub Banten 2024

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten menyiapkan dua mekanisme pengundian nomor urut pasangan calon (paslon) Gubernur-Wakil Gubernur Banten yang akan digelar, besok, Senin (23/9/2024), di Aula KPU Banten, Cipocok Jaya, Kota Serang.

Diketahui, hari ini, Minggu (22/9/2024), KPU Banten baru saja menetapkan dua pasangan yakni Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi (Airin-Ade) dan Andra Soni-A. Dimyati Natakusumah sebagai peserta pada Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) Banten 2024.

Komisioner KPU Banten Divisi Teknis, Akhmad Subagja mengatakan, pada proses pengambilan nomor urut akan mengadopsi pengambilan nomor urut Calon Presiden dan Wakil Presiden.

“Nanti patokannya ada dua mekanisme. Pertama pengambilan nomor urut sesuai antrean dan kedua pengambilan nomor urut yang sesungguhnya,” kata pria yang akrab disapa Oha itu saat ditemui usai pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemiliham Gubernur-Wakil Gubernur, Bupati-Wakil Bupati dan Walikota-Wakil Walikota pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di Provinsi Banten di Hotel Aston Serang, Minggu (22/9/2024).

Oha menjelaskan, untuk mekanisme pengambilan nomor urut berdasarkan antrean, didasari proses pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) pada 27, 28 dan 29 Agustus 2204.

“Jadi mengambil nomor sesuai antrean, nanti diperlihatkan, baru (mekanisme kedua) pengambilan nomor urut sesungguhnya, dan baru setelah itu ditetapkan,” jelasnya.

Oha mengungkapkan, prosesi pengambilan nomor urut akan dilaksanakm di Aula KPU Banten pukul 15.00 WIB. “Kita pleno terbuka, seluruh peserta kita undang,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Oha mengaku, pihaknya menyiapkan kuota 100 orang bagi kedua paslon Gubernur-Wakil Gubernur Banten. Untuk itu, pihaknya juga memgimbau kepada seluruh paslon untuk tidak membawa massa banyak.

“Kita imbau paslon tidak terlalu banhak (membawa massa). Kita berikan kuota 100 orang. Kita juga menyiapkan tenda di depan Aula KPU, dan untuk tamu VIP kita siapkan di (dalam) aula termasuk pimpinam partai pengusul, jadi selebihnya di luar Aula,” ujarnya.

Sementara, Ketua KPU Banten, Muhamad Ihsan mengatakan, tahapan selanjutnya akan dilaksanakan tahapan pengundian nomor urut paslon pada 23 September dan akan disusul tahapan deklarasi kampanye damai pada 24 September 2024.

“Untuk tahapan kampanye akan dilaksankan mulai 25 September hingga 25 November 2024,” kata Ihsan.(Mir/Red)

 

The post KPU Siapkan 2 Mekanisme Pengundian Nomor Urut Paslon Pilgub Banten 2024 appeared first on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KPU Siapkan 2 Mekanisme Pengundian Nomor Urut Paslon Pilgub Banten 2024"

Posting Komentar