Pembukaan Festival Maulid Nusantara Kota Tangerang Dimeriahkan Pawai Obor dan Gunungan

TANGERANG – Hujan yang mengguyur Kota Tangerang tak menyurutkan antusias masyarakat untuk datang dan meramaikan Pawai Obor Elektrik dan Gunungan pada pembukaan Festival Maulid Nusantara Kota Tangerang 2024.

Festival yang dihelat Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) bersama Gerakan Pemuda (GP) Ansor, di Taman Elektrik, Puspem Kota Tangerang, Rabu (25/9/2024) malam sukses menyedot ribuan pengunjung.

Pantauan di lapangan, puluhan gunungan dengan ragam bentuk dibawa OPD, kecamatan, hingga organisasi masyarakat yang diarak menggunakan mobil bak terbuka keliling Kota Tangerang.

Festival Maulid Nusantara dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin beserta jajaran Forkopimda dan diramaikan dengan pentas seni silat Betawi.

Penjabat Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan, kegiatan pawai obor elektrik dan gunungan ini sebagai pertanda Festival Maulid Nusantara Kota Tangerang 2024 resmi dibuka hingga 29 September mendatang.

“Pawai obor atau pun gunungan adalah warisan budaya yang harus terus dilestarikan di Kota Tangerang. Festival Maulid Nusantara dengan sederet kegiatannya diharapkan dapat menambah kecintaan kita masyarakat Kota Tangerang pada Nabi Muhammad SAW, yang menjadi suri tauladan kita semua,” harap Nurdin.

Sementara itu, Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang menuturkan, ribuan masyarakat datang dan meramaikan pembukaan Festival Maulid Nusantara Kota Tangerang 2024.

Pawai Obor Elektrik, kata Kaonang, memiliki makna lahirnya Nabi Muhammad SAW yang membawa cahaya terang untuk seluruh umatnya, termasuk Kota Tangerang. Sedangkan untuk gunungan, dimaknai sebagai rasa syukur Kota Tangerang atas keberkahan untuk berbagi ke sesama.

“Festival Maulid Nusantara digelar secara terbuka untuk umum, untuk jemaah dalam maupun luar Kota Tangerang. Nusantara ditandai dengan keterbukaan event ini, mulai dari peserta lomba-lombanya yang datang dari banyak daerah dan juga bazar kuliner khas banyak daerah,” jelas Kaonang.

“Ayo datang dan ramaikan Festival Maulid Nusantara Kota Tangerang 2024. Ajak seluruh keluarga, saudara dan teman, banyak penampilan kiai, ulama bahkan artis nasional setiap harinya,” tutup Kaonang.

Diketahui, hari pertama Festival Maulid Nusantara juga diramaikan kegiatan hadroh, Tari Lenggang Cisadane dan perform Yusuf Al Lampungi sebagai pendakwah sekaligus influencer yang menginspirasi Gen Z di Kota Tangerang.

(Red)

The post Pembukaan Festival Maulid Nusantara Kota Tangerang Dimeriahkan Pawai Obor dan Gunungan appeared first on BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pembukaan Festival Maulid Nusantara Kota Tangerang Dimeriahkan Pawai Obor dan Gunungan"

Posting Komentar