WH Minta Anggota Dewan Baru Tuntaskan APBD 2020

RMOLBanten. Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) meminta kepada 85 Anggota dewan untuk bisa menyelesaikan pembahsan APBD 2020 tepat waktu.

Diketahui, DPRD Provinsi Banten periode 2014-2019 menolak menindaklanjuti nota pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang APBD Banten Tahun Anggaran 2020.

Mereka menilai, pembahasan tidak akan cukup waktu mengingat masa jabatan mereka akan habis pada 1 September. Di saat bersamaan, wakil rakyat itu juga harus membahasan Perubahan APBD 2019.

WH mengunkapkan itu dalam rapat paripurna DPRD Provinsi Banten dengan agenda penyampaian nota pengantar Raperda tentang Perubahan APBD 2019 dan Raperda tentang APBD 2020, Rabu (14/8).

Kemarin sudah kita sampaikan dibahas DPRD yang baru. Kita berharap APBD (2020) 10 November sudah rampung, sudah selesai,” ujar WH saat memberikan sambutan pasca pelantikan.

WH berharap, setelah dilantik anggota DPRD yang bisa langsung bekerja. Dengan demikian, APBD 2020 bisa dibahas dan dirampungkan tepat waktu.

Kita kan pada November tradisinya sudah selesai. Kita berharap, setelah ini (pelantikan, red) mereka sudah bekerja, bersama eksekutif membahas APBD 2020,” katanya.

WH meyakini, anggota DPRD baru bisa menyelesaikan pembahasan APBD 2020 dengan tak melenceng dari jadwal yang telah ditetapkan.

Kalau tidak selesai berarti DPRD yang baru lebih lambat dari DPRD yang lama,” ungkapnya.

Agar semua bisa berjalan optimal, kata dia, pihaknya siap menjalin kerja sama dengan DPRD. Sebab, pemerintah daerah sebagai eksekutif dan DPRD sebagai legislatif merupakan satu kesatuan tak terpisahkan.

Eksekutif dalam artian melaksanakan apa yang menjadi perintah dan amanat yang disampaikan baik perda. Lalu DPRD melakukan chek and balancing, melakukan controling pengawasan. Jadi yang ngerjain adalah eksekutif, yang mengawasi adalah DPRD, jadi sudah jelas pembagiannya. Tidak ada perselingkuhan, kalau yang namanya selingkuh itu istrinya beda, suaminya beda,” tuturnya.

Lebih lanjut dipaparkan WH, hubungan harmonis antaran pemprov dan DPRD sangat dibutuhkan. Pasalnya, dengan romantisme itu Banten mampu menorehkan sejumlah capaian positif.

WH mencontohkan indeks pembangunan manusia (IPM) dan laju pertumbuhan ekonomi Banten saat ini ada di atas rata-rata nasional.

Kalau catatannya berdasarkan pada standar makro, kita sudah di atas rata-rata nasional. Kemiskinan kita masuk lima besar yang terendah kemiskinannya. Pelayanan masyarakat kita juga sudah mendapat predikat yang terbaik, pengelolaan keuangan yang terbaik,” ujar ayah tiga anak ini.

Diakuinya, selama 2,5 tahun kepemimpinannya bersama Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy masih terdapat kekurangan. Oleh karenannya, WH siap untuk dikritisi oleh anggota DPRD yang baru.

Saya siap mendapat kritik, termasuk juga saran dan pertimbangan dari sahabat-sahabat saya yang sekarang (kemarin-red) dilantik. Mudah-mudahan kita bisa kerja sama dengan baik. Kritis terhadap berbagai kebijakan dan juga merepresentasikan masyarakat atau publik Banten,” pungkas WH. [ars]



from RMOLBanten.com https://ift.tt/34f3VPL
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WH Minta Anggota Dewan Baru Tuntaskan APBD 2020"

Posting Komentar