5 KK Di Kota Serang Transmigrasi Ke Sulawesi Tenggara

RMOLBanten. Minimnya lahan dan lapangan pekerjaan di Kota Serang menjadi satu alasan warga melakukan Transmigrasi dari Pulau Jawa ke luar Jawa dengan harapan bisa mengubah nasib.

Hari ini (Senin, 28/10), Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Serang memberangkatkan 5 kepala keluarga (KK) atau 24 jiwa calon transmigran.

Para Transmigran ini akan berangkat menuju lokasi transmigrasi di Sulawesi Tenggara. Yakni, Desa Raimuna, Kecamatan Maligano, Kabupaten Muna.

Kabid Transmigrasi pada Disnakertrans Kota Serang, Leni Nuraeni menuturkan, program transmigrasi cukup diminati di mana sejak tahun 2010 lalu sudah ada 115 KK yang bertransmigran ke beberapa daerah di luar Jawa.

"Tersebar di pulau Kalimantan, Sulawesi hingga Aceh. Sebelum berangkat ada pembekalan dan pelatihan dulu. Harapannya bisa membuat sejahtera masyarakat dan membantu pemerintah mengurangi pengangguran," ucapnya singkat.

Sementara itu Walikota Serang Syafrudin menuturkan, transmigrasi ini merupakan peningkatan kesejahteraan, sebab sudah dijamin oleh pemerintah baik itu lahan maupun kehidupan sehari-hari.

"Kemudian kita juga akan mengawasi dalam bentuk turun langsung ke lapangan untuk memonitor sampai disana (tempat transmigrans) sampai dapat hidup layak," ucapnya.

Pada kesempatan ini Syafrudin menegaskan bahwa transmigrasi itu bukan persoalan Pemkot tidak dapat mengentasi pengangguran tapi dilakukan di semua kota program dari pemerintah pusat.

"Ingin mensejahterakan masyarakat nya baik dari sisi lingkungan kemudian penghasilan dan lain sebagainya," ujarnya.

Sementara itu salah satu transmigran dari Kota Serang Umar Aliyah menuturkan, dirinya memilih ikut program transmigrasi karena sulitnya mencari pekerjaan tetap di Ibu Kota Provinsi ini.

"Ingin merubah hidup lebih baik dari yang sekarang mudah-mudahan disana menjadi tempat terbukanya rezeki. Sebelumnya saya kerja serabutan bahkan jadi pedagang asongan dari bis ke bis," ucapnya. [obi]



from RMOLBanten.com https://ift.tt/34brsjZ
via gqrds

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 KK Di Kota Serang Transmigrasi Ke Sulawesi Tenggara"

Posting Komentar